Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
KPKNL Ternate dan KPPN Ternate Adakan Sosialisasi Kepada Satuan Kerja
Hendra Leo Purba
Jum'at, 11 Oktober 2019   |   213 kali

Sinergi lintas Unit Eselon I selalu digaungkan di Kementerian Keuangan, terutama terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi. Berpedoman pada semangat tersebut, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ternate berkolaborasi melaksanakan sosialisasi kepada para satuan kerja dalam acara bertajuk Sosialisasi Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2019 dan Pengelolaan Barang Milik Negara. Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula KPPN Ternate dan dihadiri oleh para satuan kerja KPKNL Ternate dan KPPN Ternate. Sosialisasi dilaksanakan selama dua hari, yakni hari Rabu dan Kamis, 9 – 10 Oktober 2019.

Acara dibuka oleh Kepala KPPN Ternate, M. Izma Nur Choironi, dimana dalam sambutannya, Izma menyampaikan latar belakang dilaksanakannya kegiatan sosialisasi tersebut. Selain itu, Izma juga menyampaikan secara singkat tentang pedoman pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran negara akhir tahun 2019 serta ketentuan tentang Bank Garansi untuk pembayaran pelaksanaan kegiatan pada akhir tahun anggaran sebelum barang/jasa diterima.

Sosialisasi oleh KPKNL Ternate dimulai dengan paparan oleh Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika. Dalam paparannya, Arif mendorong para satuan kerja untuk dapat melakukan optimalisasi aset, terutama terhadap aset-aset yang jarang digunakan ataupun yang idle. Salah satu mekanisme yang dapat ditempuh terhadap aset-aset tersebut adalah melalui pemanfaatan sewa. Para satuan kerja dapat menyewakan aset-aset di lingkungan kerjanya agar tingkat utilisasi aset tersebut dapat meningkat serta dapat memberikan kontribusi kepada negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Arif juga menekankan pentingnya optimalisasi aset terutama dalam kaitannya dengan PNBP karena kontribusi berupa PNBP dapat memberikan efek pengganda (multiplier effect) dimana PNBP yang dihasilkan akan digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Penjelasan lebih rinci tentang pemanfaatan sewa disampaikan oleh Ziad Normansyah selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Ternate. Dalam presentasinya tentang tata cara pelaksanaan Sewa Barang Milik Negara (BMN), Ziad menyampaikan bahwa kontribusi pemanfaatan sewa BMN di Maluku Utara masih sangat kecil jika dibandingkan dengan total nilai BMN keseluruhan di wilayah tersebut. Masih banyak potensi penerimaan dari pemanfaatan sewa yang bisa dihasilkan oleh para satuan kerja, sehingga para satuan kerja didorong untuk mengetahui tata cara pelaksanaan sewa untuk menangkap potensi tersebut. Beberapa hal penting yang disampaikan terkait pemanfaatan sewa diantaranya subjek pelaksana sewa, objek sewa, jangka waktu sewa, dan alur pengajuan sewa. Selain itu, para satuan kerja juga diberikan informasi terkait penentuan besaran tarif sewa, dimana tarif sewa yang akan dikenakan harus disesuaikan dengan beberapa faktor seperti peruntukan sewa dan periodesitas sewa.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan para satuan kerja dapat lebih proaktif dalam menggali potensi pemanfaatan sewa di lingkungan kerjanya sebagai salah satu langkah optimalisasi BMN. Hal ini penting mengingat BMN yang tidak digunakan memiliki opportunity cost, dimana jika terus dibiarkan hal tersebut dapat menjadi beban bagi negara. Selain itu, aset yang tidak terpakai tetap membutuhkan pemeliharaan, sehingga dengan dilakukan pemanfaatan sewa, kondisi aset tersebut akan terus terjaga karena secara aktif dimanfaatkan oleh penyewa.

Dalam kesempatan ini, KPKNL Ternate juga menyisipkan sedikit informasi tentang lelang e-auction. Pejabat Lelang KPKNL Ternate, Irawan Ciputra, secara singkat menjelaskan tentang e-auction, langkah-langkah melakukan registrasi e-auction, serta cara mengikuti lelang melalui e-auction. Selain itu, para satuan kerja juga diberi kesempatan untuk melakukan pendaftaran e-auction dengan dibantu oleh staf dari KPKNL Ternate.

Sinergi antara KPKNL Ternate dan KPPN Ternate melalui sosialisasi seperti ini memberikan kesempatan kepada para satuan kerja untuk mendapatkan berbagai informasi dari dua institusi berbeda dalam satu forum. Mengingat manfaat serta kemudahan yang dapat dirasakan oleh para satuan kerja, KPKNL Ternate dan KPPN Ternate berencana akan melakukan kegiatan yang serupa di masa yang akan datang. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, hubungan kemitraan antara KPKNL Ternate dan KPPN Ternate dapat semakin erat, serta dapat lebih membantu para satuan kerja di Maluku Utara.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini