KPKNL Ternate
Berita DJKN

Walikota Ternate Pimpin Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung KPKNL Ternate Berkonsep Open Space

Selasa, 14 Mei 2019   |   604 kali

Ternate – Walikota Ternate Burhan Abdurahman menghadiri sekaligus memimpin peletakan patu pertama dimulainya pembangunan gedung Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang (KPKNL) Ternate pada Senin, (13/5). Gedung yang akan dibangun di Kelurahan Kampung Pisang tersebut mengakhiri penantian panjang seluruh personil KPKNL Ternate untuk memiliki kantor operasional sendiri. Acara peletakan batu pertama ini dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Suluttenggomalut Ferdinan Lengkong, Kepala KPKNL Ternate M. Arif Setyawantika, jajaran Pemerintahan Kota Ternate, perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Ternate, Forum BUMN Maluku Utara, Kantor-kantor Kementerian Keuangan di Ternate, serta masyarakat Kelurahan Kampung Pisang.


Walikota Ternate Burhan Abdurahman menyampaikan dukungannya secara penuh atas pembangunan gedung KPKNL Ternate. Ia berharap gedung yang akan dibangun dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Ternate dari sisi pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Ternate, apalagi mengingat kontribusi yang diberikan selama ini oleh KPKNL Ternate kepada masyarakat Maluku Utara, khususnya Kota Ternate. Burhan juga mengapresiasi desain dan konsep yang diusung oleh gedung yang akan dibangun, terutama bentuk kearifan lokal Maluku Utara yang digunakan. “Saya doakan semoga pembangunan gedung  berjalan lancar dan saya harap penggunaan gedung tersebut ke depannya dapat optimal,” ungkapnya.


Sebelumnya, Kepala KPKNL Ternate M. Arif Setyawantika melaporkan seluruh rangkaian proses yang telah dilakukan sampai akhirnya pembangunan gedung KPKNL Ternate dapat dimulai. Rencana pembangunan gedung KPKNL Ternate dimulai dengan pengusulan RKBMN tahun 2019 pada 11 Agustus 2017 yang dilanjutkan dengan pengusulan Pagu Indikatif pada 26 Februari 2018. Selanjutnya, pada 5 Desember 2018, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) KPKNL Ternate tahun 2019 disahkan dimana salah satunya memuat belanja modal gedung. “Proses tender untuk pembangunan gedung KPKNL Ternate juga telah dilakukan, baik untuk tender konsultan perencana, tender konsultan pengawas, maupun tender jasa konstruksi,”jelas Arif. Seluruh tender tersebut, lanjutnya, selesai pada 8 Mei 2019. Mutual Check 0 (MC.0) untuk pekerjaan pembangunan gedung dimaksud juga telah dilaksanakan tanggal 10 Mei 2019.


Di tempat yang sama, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Ferdinan Lengkong atas nama DJKN Kementerian Keuangan memohon dukungan seluruh undangan yang hadir untuk dapat membantu pelaksanaan pembangunan gedung tersebut. “Kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh pihak terkait agar  pembangunan gedung KPKNL Ternate dapat berjalan dengan lancar demi terwujudnya pelayanan yang lebih baik kepada seluruh stakeholders KPKNL Ternate,” ujarnya. Ferdinan menjelaskan bahwa gedung yang akan dibangun nantinya akan mengusung konsep open space yang fokus pada produktivitas kerja dan digitalisasi proses bisnis. Selain itu, gedung juga akan didesain ramah anak dan ramah penyandang disabilitas sesuai dengan program Pengarusutamaan Gender di Kementerian Keuangan. “Yang juga tidak kalah penting adalah diadopsinya kearifan lokal pada gedung tersebut dimana desain gedung dibuat mengikuti bentuk perahu sebagai moda transportasi utama di Maluku Utara dan desain batik lokal yang akan disematkan pada eksterior bangunan, pungkasnya.


Di akhir acara yang merupakan puncak acara, Walikota Ternate dengan didampingi Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut dan perwakilan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari Kepolisian Resor Ternate dan Kejaksaan Negeri Ternate melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung KPKNL Ternate. Burhan Abdurahman selaku Walikota Ternate meletakkan batu pertama, yang kemudian secara bergantian diikuti oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Ferdinan Lengkong, perwakilan TP4D dari kepolisian, dan perwakilan TP4D dari Kejaksaan. Dengan demikian, pembangunan gedung KPKNL Ternate yang direncanakan akan dikerjakan selama tujuh bulan telah resmi dimulai. (KPKNL Ternate)

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Yos Sudarso No. 2 Ternate - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@gmail.com