KPKNL Ternate
Berita DJKN

KPKNL Ternate Sertipikatkan 117 Bidang Tanah, Lampaui Target Sertipikasi BMN 2019

Kamis, 14 Maret 2019   |   122 kali

Ternate – Bertempat di Ruang Rapat KPKNL Ternate, KPKNL Ternate bersama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Maluku Utara melakukan penyerahan sertipikat tanah sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan sertipikasi BMN tahun 2019 pada hari Rabu, 13 Maret 2019. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Maluku Utara, Muhammad Syahrir, dengan didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Suluuttenggomalut, Ferdinan Lengkong. Sertipikat diserahkan kepada 3 satuan kerja diantaranya SNVT PJN 1 Maluku Utara, SNVT PJN 2 Maluku Utara, dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Ternate.

Sebaran lokasi tanah BMN yang disertipikatkan di tahun 2019 meliputi 3 Kabupaten/Kota diantaranya Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Halmahera Utara. Jumlah bidang tanah yang telah dilakukan sertipikasi pada tahun 2019 adalah sebanyak 117 bidang tanah, lebih tinggi dari target yang ditetapkan sebesar 100 bidang tanah dengan tanpa tambahan biaya. Adapun jumlah bidang tanah yang disertipikatkan pada masing-masing satuan kerja adalah sebanyak 99 bidang tanah pada SNVT PJN 1 Maluku Utara, 17 bidang tanah pada SNVT PJN 2 Maluku Utara, dan 1 bidang tanah pada LANAL Ternate. Seluruh bidang tanah tersebut telah selesai disertipikasi pada bulan Februari 2019, yang sekaligus merupakan penyelesaian sertipikasi tanah BMN tercepat di tahun 2019.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Ferdinan Lengkong, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak, baik Kanwil BPN Maluku Utara maupun para satuan kerja yang terlibat, yang telah bersinergi secara luar biasa dalam memenuhi target sertipikasi BMN 2019 di Maluku Utara. Sinergi tersebut kemudian akhirnya memberikan hasil yang luar biasa, dimana target sertipikasi dapat terpenuhi pada Triwulan I 2019. Secara khusus Ferdinan menyampaikan apresiasinya kepada Kanwil BPN Maluku Utara yang dapat melaksanakan sertipikasi BMN dengan sangat baik meskipun tengah disibukkan dengan program nasional Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Pada tahun ini, Kanwil BPN Maluku Utara mendapatkan target penyelesaian sertipikasi dalam program PTSL sebanyak 60.000 sertipikat.

Apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Kanwil BPN Maluku Utara, Muhammad Syahrir, terhadap keberhasilan sertipikasi tanah BMN tahun 2019. Syahrir secara khusus menyoroti kerjasama yang baik dari seluruh pihak terkait penyediaan data yang lengkap serta penunjukan batas yang tepat terhadap tanah yang akan disertipikasi. Hasil yang baik ini diharapkan dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya, khususnya di tahun 2020 dimana telah direncanakan akan dilakukan sertipikasi terhadap 640 bidang tanah BMN.

Selain dilakukan penyerahan sertipikat tanah kepada para satuan kerja terkait, pada kesempatan ini Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut juga secara khusus memberikan penghargaan kepada Kanwil BPN Maluku Utara atas kerjasama percepatan sertipikasi Barang Milik Negara berupa tanah pada Tahun Anggaran 2019 yang diterima secara langsung oleh Kepala Kanwil BPN Maluku Utara.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Yos Sudarso No. 2 Ternate - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@gmail.com