KPKNL Ternate
Berita DJKN

245 Bidang Tanah BMN di Maluku Utara Selesai Disertipikasi

Jum'at, 07 Desember 2018   |   663 kali

Ternate – Program sertipikasi tanah Barang Milik Negara (BMN) tahun 2018 di Maluku Utara telah secara resmi diselesaikan dengan dilakukannya penyerahan sertipikat tanah pada Satuan Kerja terkait dalam Rapat Evaluasi dan Sertipikasi Tanah BMN Tahun 2018 dan Penyusunan Target Sertipikasi Tanah BMN Tahun 2019 di Wilayah Maluku Utara pada Kamis, (6/12) di aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Suluttenggomalut Ferdinan Lengkong, Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Maluku Utara M. Syahrir, Kepala KPKNL Ternate M. Arif Setyawantika, serta para satuan kerja yang merupakan pengguna barang atas tanah yang disertipikasi.


Untuk tahun 2018, KPKNL Ternate mendapatkan target sertipikasi tanah sebanyak 200 bidang tanah, sementara capaian proses sertifikasi tanah BMN yang diselesaikan adalah sebanyak 245 bidang tanah. Hal ini berarti di tahun 2018, capaian yang diperoleh KPKNL Ternate melebihi target yang ditetapkan dimana persentase penyelesaian sertipikasi adalah sebesar 122%. Angka ini lebih baik dari capaian pada 4 periode sebelumnya yang stabil di angka 100%. Dari segi jumlah bidang tanah yang disertipikasi, capaian di tahun 2018 juga lebih baik dari tahun 2017, dimana pada tahun 2017 jumlah bidang tanah yang disertipikasi sebanyak 201.


Atas seluruh capaian sertipikasi yang didapat, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Ferdinan Lengkong menyampaikan apresiasi kepada Kepala Kanwil BPN Provinsi Maluku Utara beserta jajarannya yang telah membantu penyelesaian proses sertipikasi dimaksud, meskipun tengah disibukkan dengan program nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).


Ia juga menyampaikan apresiasi yang sama kepada seluruh sarker yang terlibat dan telah kooperatif selama pelaksanaan sertipikasi. Dirinya berharap semangat yang sama dapat terus dipertahankan terutama saat pelaksanaan sertipikasi di tahun 2019. “Saya berharap kiranya koordinasi yang baik selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi demi kesuksesan program percepatan sertipikasi khususnya di wilayah Provinsi Maluku Utara,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Selasa (4/12), tim dari KPKNL Ternate dengan didampingi Kepala Bidang Pengadaan Tanah Kanwil BPN Provinsi Maluku Utara Jodi Supraworo, telah melakukan kunjungan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Halmahera Tengah dalam rangka koordinasi dan tindak lanjut program percepatan penyelesaian sertipikasi BMN berupa tanah tahun 2018. Tim yang dipimpin oleh Kepala KPKNL Ternate M. Arif Setyawantika, bertemu dengan


Kepala Kantor Pertanahan Halmahera Tengah Munsarief, untuk membicarakan progres pelaksanaan sertipikasi tanah BMN yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Halmahera Tengah.

Kunjungan yang dilakukan oleh KPKNL Ternate ke Kantor Pertanahan Halmahera Tengah merupakan agenda monitoring pelaksanaan proses sertipikasi untuk memastikan terlaksananya kegiatan penyerahan sertipikat ke Satuan Kerja terkait pada 6 Desember 2018. Pada saat tim dari KPKNL Ternate mengunjungi Kantor Pertanahan Halmahera Tengah, seluruh sertipikat yang akan diserahkan telah diselesaikan dan siap untuk diserahkan.

Sebanyak empat satker berkontribusi terhadap capaian sertipikasi tanah BMN tahun 2018 diantaranya SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Maluku Utara, SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Maluku Utara, Stasiun Geofisika Ternate, dan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Tanah yang disertipikasi tersebar di 3 Kabupaten di Maluku Utara yaitu Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, dan Kabupaten Halmahera Tengah. (Seksi HI KPKNL Ternate)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Yos Sudarso No. 2 Ternate - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@gmail.com