Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
KPKNL Ternate Gelar Auction on Campus di Universitas Khairun Ternate
Irawan Ciputra
Rabu, 24 Oktober 2018   |   178 kali

KPKNL Ternate berkerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun Ternate menyelenggarakan kegiatan bertajuk 'Auction on Campus' yang dihelat di Auditorium Lt.4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun Ternate pada hari Jum'at, 19 Oktober 2018. Acara tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIT, dengan diawali proses registrasi dan pembagian Nomor Peserta Lelang (NPL) kepada mahasiswa dan beberapa staf pengajar Universitas Khairun yang nantinya akan digunakan di sesi simulasi lelang. Para mahasiswa yang hadir pada kegiatan tersebut berasal dari berbagai jurusan di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Khairun.

Pukul 09.00 WIT acara dibuka oleh  Dr. Abdullah W Jabid, SE,MM., selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun Ternate. Abdullah menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh KPKNL Ternate kepada para mahasiswa untuk mengenal lebih dekat KPKNL Ternate secara umum, serta tentang pelaksanaan lelang yang merupakan salah satu tugas dan fungsi KPKNL Ternate. Beliau juga berpesan agar mahasiswanya dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan menyampaikan pertanyaan terkait KPKNL Ternate dan Lelang DJKN kepada narasumber dari KPKNL Ternate.

Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika, kemudian menyampaikan sambutannya, dimana beliau sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Universitas Khairun kepada KPKNL Ternate untuk dapat melaksanakan 'Auction on Campus'. Arif menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan usaha dari KPKNL Ternate untuk menyampaikan informasi seluas-luasnya tentang KPKNL Ternate, terutama layanan lelang yang merupakan layanan KPKNL Ternate yang bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Arif berharap bahwa pendekatan yang dilakukan ke lingkungan pendidikan tinggi bisa semakin memasyarakatkan pelaksanaan lelang yang sekaligus berdampak pada semakin dikenalnya KPKNL Ternate di masyarakat. Sambutan tersebut kemudian dirangkai dengan penyerahan Plakat dari KPKNL Ternate kepada pihak Universitas Khairun dan sebaliknya.

Sesi penyampaian materi terkait KPKNL Ternate dan Lelang DJKN diberikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Ternate, Ardat, dan salah satu Pejabat Lelang di KPKNL Ternate, Pandu Adi Anindito. Dalam sesi ini, mereka menyampaikan banyak informasi terkait dengan layanan lelang di DJKN, dimulai dari sejarah pelaksanaan lelang di Indonesia, jenis-jenis lelang, prosedur permohonan lelang, dan masih banyak lagi. Yang tidak kalah penting, mereka juga menyampaikan mekanisme pelaksanaan lelang, dimana walaupun banyak dari peserta yang hadir sudah sering mendengar kata lelang, ternyata praktik pelaksanaannya masih belum terlalu dimengerti. Ardat dan Pandu juga menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kewaspadaan dari para peserta terhadap penipuan yang mengatasnamakan Lelang DJKN dengan membagikan beberapa pedoman agar terhindar dari kejahatan penipuan lelang

Penyampaian informasi lelang tak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan penyajian contoh pelaksanaan lelang. Oleh karena itu, di akhir acara dilaksanakan simulasi lelang yang menjadi inti dari pelaksanaan kegiatan 'Auction on Campus' ini.  Jalannya lelang dipandu oleh Pejabat Lelang setelah terlebih dahulu dijelaskan aturan pelaksanaannya. Panitia telah menyediakan beberapa unit barang yang akan dilelang di hadapan mahasiswa dimana para mahasiswa bisa melakukan penawaran dimulai dari nilai limit yang disebutkan oleh Pejabat Lelang. Mahasiswa sangat antusias mengikuti lelang ini yang terlihat dari banyaknya NPL yang diangkat sesaat setelah Pejabat Lelang mulai menyebutkan nilai limit penawaran. Keriuhan sangat terasa saat para mahasiswa mulai bersaing memberikan penawaran mereka setinggi-tingginya untuk mendapatkan barang yang ditawarkan. Kemeriahan tersebut bisa dimaklumi mengingat pelaksanaan lelang menjadi hal yang baru bagi sebagian besar mahasiswa yang hadir pada saat itu. Satu jam pelaksanaan simulasi lelang berlangsung, seluruh barang yang ditawarkan laku terjual. (HI KPKNL Ternate)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini