Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Evaluasi Capaian Triwulan II 2018, KPKNL Ternate Gelar Rapat DKO
Hendra Leo Purba
Kamis, 05 Juli 2018   |   220 kali

Ternate – Di awal triwulan III tahun 2018, KPKNL Ternate mengadakan rapat pembahasan Dialog Kinerja Organisasi (DKO). Pertemuan yang dihelat pada hari Kamis (5/7) di Ruang Rapat KPKNL Ternate ini diselenggarakan sebagai evaluasi terhadap kinerja organisasi di Triwulan II tahun 2018. Selain itu, dalam rapat ini juga dibahas langkah-langkah strategis dalam mencapai target organisasi maupun pengoptimalan kinerja tiap unit di KPKNL Ternate.

Rapat DKO kali ini dipimpin oleh Kepala Sub-bagian Umum KPKNL Ternate, Basukhi Yuniarto, yang juga merangkap sebagai Pelaksana Harian Kepala KPKNL Ternate. Dengan dibantu oleh pelaksana pada Seksi Kepatuhan Internal, Fatimah Alhaddad, rapat diawali dengan evaluasi pencapaian target-target organisasi pada triwulan II tahun 2018. Kinerja organisasi KPKNL Ternate pada triwulan II berada pada zona hijau, yang artinya secara umum target-target yang ditetapkan dapat dilaksanakan dengan baik.

Walaupun hasil yang diperoleh pada triwulan II cukup menggembirakan, namun terdapat beberapa catatan yang harus diperhatikan terutama terkait beberapa indikator kinerja yang masih belum mencapai target. Sertifikasi BMN merupakan salah satu indikator kinerja yang belum menunjukkan hasil optimal dalam pelaksanaannya. Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Ziad Normansyah, menegaskan bahwa belum tercapainya target sertifikasi BMN diakibatkan penjadwalan pelaksanaan sertifikasi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang dititikberatkan pada semester II 2018. Ziad menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BPN terkait jadwal pengukuran yang diharapkan bisa dilakukan sesegera mungkin.

Selain pelaksanaan sertifikasi BMN, indikator lain yang memerlukan perhatian khusus adalah capaian pelaksanaan lelang yang belum sesuai harapan. Pelaksana Harian Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Ambi Gultom, mengemukakan bahwa terdapat beberapa stakeholders dari pihak Bank, satuan kerja, dan Pemerintah Daerah yang belum mengajukan permohonan lelang sehingga realisasi triwulan II belum maksimal. Koordinasi terkait penjadwalan lelang akan segera dilakukan dengan para stakeholders, dan penggalian potensi lelang telah diagendakan untuk meningkatkan kinerja pelayanan lelang di semester II 2018.

Beberapa indikator kinerja mencapai hasil yang sangat menggembirakan, dimana salah satu diantaranya adalah yang terkait dengan piutang negara. Seksi Piutang Negara mampu mencapai hasil yang jauh melebihi target yang telah ditetapkan, dimana pencapaian ini diperoleh berkat penggalian potensi yang dilakukan pada beberapa stakeholders. Selain itu, untuk mendapatkan pembayaran yang konsisten dari para debitur, Seksi Piutang Negara gencar melakukan koordinasi, baik dengan pihak penyerah piutang maupun dengan para debitur.

Selain melakukan evaluasi terhadap capaian-capaian di triwulan II tahun 2018, pada rapat ini juga didiskusikan rencana-rencana aksi yang perlu dilakukan agar seluruh target dapat tercapai sesuai dengan norma waktu pelaksanaan. Dalam rapat kali ini ditetapkan 10 rencana aksi baru. Dengan demikian, secara keseluruhan telah ditetapkan 24 rencana aksi untuk membantu tercapainya seluruh target pada indikator kinerja organisasi.  

Rapat DKO ini diharapkan dapat memberikan gambaran atas usaha pencapaian target organisasi pada triwulan II. Hasil dari pertemuan ini seyogyanya dijadikan sebagai pedoman dalam usaha pencapaian target kinerja oleh seluruh personil KPKNL Ternate, dan setiap unit pada KPKNL Ternate diharapkan dapat menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendukung tujuan organisasi.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini