Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Optimalkan Kinerja, KPKNL Ternate Gelar Rapat DKO
Hasnagania Labiba Abida Siti Khaerunnisa
Senin, 09 April 2018   |   409 kali

Ternate - Sebagai upaya untuk mencapi nilai kinerja organisasi yang telah ditetapkan, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate melaksanakan rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO), Senin (9/4).

Rapat DKO tersebut dilaksanakan di ruang rapat KPKNL Ternate yang dipimpin oleh Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika, dengan dihadiri oleh para Kepala Seksi dan pelaksana di lingkungan KPKNL Ternate.

Rapat ini dimaksudkan agar seluruh personil KPKNL Ternate dapat saling mengkomunikasikan setiap aspek yang berpengaruh dalam pencapaian kinerja organisasi. Selain itu, pelaksanaan DKO KPKNL Ternate yang komunikatif adalah sebagai bentuk pengaplikasian Keputusan Menteri Keuangan Nomor 590/KMK.01/2016 tentang Pedoman Dialog Kinerja Di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Kepala KPKNL Ternate, dalam paparannya menegaskan pentingnya diskusi dan evaluasi kinerja secara periodik agar dapat dihasilkan mitigasi dan rencana kerja yang baik sehingga butir-butir pengukuran kinerja dapat tercapai. Arif juga menambahkan pentingnya sinergi yang baik di dalam organisasi KPKNL Ternate sebagai fondasi terlaksananya seluruh tugas dan fungsi KPKNL Ternate.

Agenda rapat selanjutnya adalah evaluasi kinerja KPKNL Ternate dan seluruh seksi di triwulan I. Pada triwulan I, kinerja seluruh seksi di KPKNL Ternate berada di zona hijau, dimana nilai NKO baik NKO KPKNL Ternate maupun NKO seluruh seksi mencapai 120%. Hal ini merupakan langkah awal yang baik bagi KPKNL Ternate dalam pencapaian seluruh target di tahun 2018, dan diharapkan hasil yang baik ini dapat berlanjut di periode-periode selanjutnya.

Sesi berikutnya adalah pembahasan rencana kerja dan mitigasi resiko terhadap seluruh indikator kinerja di KPKNL Ternate. Dalam pembahasannya, seluruh hal-hal yang berpotensi menjadi kendala dalam pencapaian kinerja diidentifikasi. Setelah proses identifikasi, seluruh peserta rapat kemudian melakukan diskusi untuk mencari solusi-solusi dalam mengatasi kendala tersebut. Kendala-kendala yang berpotensi terjadi memiliki tingkat resiko yang berbeda-beda dan karakteristik yang berbeda pula, sehingga penanganannya harus diarahkan secara spesifik ke masing-masing kendala. Rencana aksi juga dibahas dalam rapat ini, dan diharapkan melalui rapat ini, rencana aksi yang dihasilkan menjadi lebih sistematis sehingga diharapkan kinerja organisasi dan individu dapat lebih baik lagi.

Rapat ditutup dengan arahan dari Kepala KPKNL Ternate. Arif menyampaikan pentingnya interaksi yang positif antara atasan dan bawahan terutama untuk menciptakan strategi solutif dalam rencana aksi masing-masing seksi termasuk juga strategi rotasi internal pegawai yang akan dilakukan sebagai antisipasi ketidaksiapan pegawai pengganti dalam melaksanakan tugas barunya. Arif juga kembali mengingatkan pentingnya sinergi antar pegawai di KPKNL Ternate terutama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholders.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini