Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Direktur Jenderal Kekayaan Negara Lakukan Sesi Tukar Pikiran di KPKNL Ternate
Hendra Leo Purba
Senin, 12 Maret 2018   |   397 kali

Ternate - Dalam kunjungannya ke Maluku Utara, Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN), Isa Rachmatarwata, melakukan pertemuan dengan pegawai KPKNL Ternate. Pertemuan yang dilakukan pada Jum’at (9/3) tersebut merupakan kunjungan pertama beliau ke KPKNL Ternate sejak menduduki jabatan tersebut.

Dalam pertemuan ini, Isa menyampaikan beberapa pesan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Ternate. Salah satu pokok diskusi adalah terkait pelaksanaan lelang. Isa mengapresiasi lelang sukarela yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Ternate. Ia menganggap bahwa pelaksanaan lelang tersebut merupakan langkah yang baik dan telah fokus.

Selain itu, Isa berharap KPKNL Ternate bisa lebih kreatif lagi dengan menyasar pasar-pasar yang lebih spesifik dan unik (niche market). Salah satunya adalah dengan melakukan lelang terhadap barang produksi lokal dan mengemas barang yang dilelang dengan cerita yang menarik. Butuh usaha yang sungguh-sungguh untuk menghidupkan aktivitas lelang. Untuk itu, Isa ingin agar lelang dapat dibuat sebagai suatu transaksi yang dipercaya, aman, dan dapat membentuk harga secara efektif.

Dari sisi piutang negara, Isa menyampaikan bahwa ada dua permasalahan pokok dalam pengelolaan piutang negara yang harus dicermati yaitu kenapa piutang bisa timbul dan kenapa piutang tidak tertagih di instansi awal. Isa ingin agar KPKNL Ternate membantu penyelesaian masalah pada instansi penyerah piutang dengan membantu mereka dalam memperbaiki proses pemberian piutang dan cara menagihnya. Isa berharap KPKNL Ternate dapat membantu instansi-instansi tersebut dalam memperlambat laju timbulnya piutang dan mempercepat proses penagihan piutang apabila piutang tersebut muncul.

Menurut Isa harus ada perubahan paradigma dalam pengelolaan kekayaan negara. KPKNL Ternate diharapkan dapat lebih proaktif dalam melakukan pendataan aset milik satuan kerja terutama aset-aset yang idle. Ia juga mengharapkan pengelola barang dapat membantu satker dalam menentukan fungsi yang pantas terhadap suatu aset dengan menerapkan prinsip Penggunaan Terbaik dan Tertinggi (Highest and Best Use). Pengelola barang di KPKNL Ternate juga diharapkan untuk selalu membantu pengelola barang di satuan kerja agar lebih professional. Pada kesempatan ini, Isa juga mengungkapkan bahwa jabatan fungsional untuk pengelola barang akan dikedepankan, dimana pengelola barang akan dibuat jenjang karir sendiri yang mengikuti keahlian dan pengalaman.

Tak lupa untuk mengapresiasi seluruh kreatifitas dan terobosan yang telah dilakukan oleh KPKNL Ternate, Isa mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh KPKNL Ternate merupakan pekerjaan yang dilakukan dari hati. Ia berharap apa yang telah dicapai dapat ditingkatkan dan ditularkan kepada kantor-kantor lain. Mengakhiri kegiatan ini, Isa berpesan agar KPKNL Ternate selalu mengedepankan good governance dalam setiap pekerjaannya dengan berpedoman kepada kaidah-kaidah yang telah ditetapkan, serta selalu kerja dengan teliti dan jeli. (HI KPKNL Ternate)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini