Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Penggalian Potensi Piutang Negara oleh KPKNL Ternate
Hendra Leo Purba
Rabu, 22 November 2017   |   184 kali

Ternate - Tim KPKNL Ternate dengan dipimpin Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika, mengunjungi BPJS Kesehatan Cabang Ternate, Senin (20/11/2017). Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ternate, Ayatullah M.F. Pomalingo menyambut kedatangan rombongan dari KPKNL Ternate ini. Dalam pertemuan yang dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ternate, Ayatullah mengakui bahwa beliau baru mengetahui jika KPKNL juga dapat melakukan penagihan piutang macet BPJS.

Ayatullah menyampaikan bahwa selama ini mengetahui tugas dan fungsi KPKNL Ternate hanya sebatas pada pelayanan lelang. Dari pertemuan itu, Ayatullah menegaskan bahwa instansinya akan melakukan inventarisasi nasabah yang memiliki piutang macet dan rencananya akan menyerahkan pengurusan piutang macet dimaksud paling lambat awal tahun 2018.    

Selanjutnya, pada Rabu (22/11), Tim KPKNL Ternate berkunjung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Dilokasi Tim KPKNL Ternate bertemu dengan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate, Ghazali Dahlan. Pada kesempatan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Ternate, Ghazali menyampaikan kepuasannya atas pengurusan piutang macet milik instansinya yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Ternate. Dari 16 BKPN yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan, sebanyak 9 BKPN telah selesai (lunas). Dari sukses tersebut, KPKNL Ternate menyarankan agar BPJS Ketenagakerjaan Ternate melimpahkan piutang yang masih macet ke KPKNL Ternate agar dapat dilakukan penagihannya.

Kunjungan KPKNL Ternate pada BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Ternate tersebut merupakan upaya untuk menggali potensi piutang negara yang pengurusannya dilakukan oleh KPKNL Ternate. Inisiatif ini dilakukan untuk membantu instansi-instansi terkait agar pengurusan piutangnya bisa lebih efektif dilaksanakan mengingat salah satu tugas dan fungsi KPKNL Ternate adalah di bidang pengurusan piutang negara.

Selain itu, kunjungan ke BPJS Kesehatan Ternate dan BPJS Ketenagakerjaan Ternate merupakan wujud sinergi antara KPKNL Ternate dengan instansi-instansi terkait di wilayah kerjanya. Sinergi ini diharapkan dapat saling membantu antar instansi sekaligus memupuk kerjasama yang semakin baik, terutama dalam hal ini yang terkait dengan pengurusan piutang negara.

Kedua instansi menjadi fokus penggalian potensi piutang negara mengingat besarnya kemungkinan piutang macet terkait layanan yang disediakan terutama yang diakibatkan oleh penunggakan iuran oleh peserta layanan. (Seksi PN/Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini