Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
KPKNL Ternate Hadir di Kampus: Sinergi Bersama Forum BUMN dan Civitas Academica
Hendra Leo Purba
Jum'at, 10 November 2017   |   402 kali

Ternate - KPKNL Ternate bersama Forum BUMN Provinsi Maluku Utara mengadakan program bertajuk “BUMN Hadir di Kampus,” yang diselenggarakan pada Jum’at (10/11) di Auditorium Universitas Khairun Ternate. Acara ini diisi oleh para narasumber yang merupakan perwakilan dari KPKNL Ternate dan lima BUMN di Maluku Utara, serta dihadiri oleh para mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Khairun.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kontribusi BUMN dan KPKNL Ternate kepada dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi, dengan cara menyampaikan informasi terkait sebagian tugas dan fungsi mereka. Adapun perwakilan BUMN yang hadir berasal dari PT. Garuda Indonesia Ternate, Perum LPPNPI AIRNAV Ternate, BRI Ternate, BPJS Kesehatan Ternate, dan PT. Jasa Raharja Maluku Utara.

Pada sesi pertama, tiga narasumber memberikan pemaparan tentang tugas dan fungsi institusinya yaitu PT. Garuda Indonesia Ternate, Perum LPPNPI AIRNAV Ternate, dan BRI Ternate. PT. Garuda Indonesia yang diwakili oleh General Manager Garuda Indonesia Ternate, Endy Latief, menyampaikan informasi terkait jangkauan layanan PT. Garuda Indonesia secara umum serta keberhasilan yang telah dicapai oleh perusahaannya dalam meraih predikat maskapai bintang 5.

Kepala Cabang AIRNAV Ternate, Janlighard Situmorang, menyampaikan presentasi yang lebih fokus kepada tugas dan fungsi AIRNAV Ternate dalam mengawasi lalu lintas udara di wilayah kerjanya. Sementara itu, Anditya Mahendra selaku Kepala Kantor Cabang BRI Ternate memilih untuk menitikberatkan paparannya pada lingkup layanan perusahaannya serta keberhasilan penyaluran kredit terutama untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Di sesi kedua, narasumber dari BPJS Kesehatan Ternate, PT. Jasa Raharja Maluku Utara, dan KPKNL Ternate menyampaikan paparannya. Umar Albaar yang mewakili BPJS Kesehatan menjelaskan tentang layanan dari institusinya, terutama yang terkait dengan jenis kasus kesehatan yang bisa dan tidak bisa ditangani serta prosedur penggunaan layanan. Hal ini mirip dengan presentasi yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan PT. Jasa Raharja Maluku Utara, Helmi L. Pattinasarany, yang fokus pada penyampaian jenis-jenis kasus yang bisa ditangani perusahaannya. Disamping itu, Helmi juga menyampaikan beberapa statistik terkait penyaluran santunan dari tahun ke tahun.

Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika, yang menjadi narasumber dari KPKNL Ternate memulai presentasinya dengan menyampaikan secara singkat struktur organisasi serta tugas dan fungsi setiap seksi di KPKNL Ternate. Untuk topik utama, beliau menyampaikan layanan lelang karena berhubungan sangat dekat dengan BUMN dan masyarakat luas. Arif menceritakan beberapa keberhasilan-keberhasilan layanan lelang, tidak hanya yang dilakukan oleh KPKNL Ternate tetapi juga DJKN secara umum. Di akhir paparannya, beliau mengajak para hadirin untuk mencari tahu lebih banyak tentang KPKNL Ternate khususnya pelayanan lelang. “Kita sangat terbuka apabila anda semua ingin berkunjung ke kantor kita untuk tahu seluk beluk layanan lelang” ujar Arif.

Acara ini menjadi wujud kerjasama yang baik yang ditunjukkan oleh KPKNL Ternate dan BUMN. Pembantu Rektor 1 Universitas Khairun, Rida Ajam, sangat mengapresiasi acara tersebut terutama dalam mengedukasi mahasiswa tentang layanan KPKNL Ternate dan BUMN. Diharapkan kegiatan-kegiatan dengan tujuan baik seperti ini akan lebih sering dilaksanakan di masa yang akan datang.

(Seksi HI KPKNL Ternate)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini