Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Meningkatkan Kesadaran Bersama dalam Pengelolaan BMN Melalui Sosialisasi
Ozon Rizka Rizaludin
Rabu, 19 April 2017   |   251 kali

Ternate - Kantor PelayananKekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate kembali mengadakan sosialisasi pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) bertajuk “Meningkatkan Kesadaran Tentang Arti Pentingnya Pengelolaan BMN Tingkat UAKPB Maluku Utara”.

Acara yang berlangsung 18 April 2017 di Royal Function Hall Kota Ternate itu mengundang 300 satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPKNL Ternate.

Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan selain menyosialisasikan beberapa Peraturan Menteri Keuangan yang berlaku dibidang pengelolaan BMN dan mendiskusikan current issues. Acara tersebut juga diselenggarakan sebagai wahana sinergi Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Barang (UAKPB) dengan KPKNL Ternate.

Wilayah kerja KPKNL Ternate yang meliputi Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Pulau Morotai, dan Kabupaten Kepulauan Taliabu yang berbentuk kepulauan dengan beberapadi antaranya sulit dijangkau, sehingga kesadaran akan pentingnya sumbangsih setiap elemen dalam memahami dan menjalankan aturan yang berlaku sangat diperlukan demi mewujudkan pengelolaan BMN yang baik.

Dalam sambutannya Kepala KPKNL Ternate Hendra Zulkarnain, menjelaskan peran Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sebagai salah satu revenue center Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). "Pemanfaatan Barang Milik Negara yang optimal dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan PNBP." imbuh Hendra.

Rudiyanto Sjahril selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara juga memapaparkan tentang rencana revaluasi aset BMN yang dikemas materi current issue”  meliputi Penyediaan data awal, Inventarisasi, Penilaian, Penyusunan Laporan Hasil Inventarisasi dan Penilaian, Tindak LanjutHasil Inventarisasi dan Penilaian, Monitoring dan Evaluasi.

Sesi selanjutnya pemaparan terkait peraturan pengelolaan kekayaan Negara dilakukan oleh staff Seksi PKN KPKNL Ternate terkait Perencanaan Kebutuhan, Penggunaan, Pemanfaatan, Penghapusan, Pemindahtanganan, Pengawasan dan Pengendalian BMN.

Undangan yang hadir diajak untuk menyampaikan permasalahan yang sedang dihadapi sekaligus harapan – harapan dalam pengelolaan Barang Milik Negara, bahkan para peserta sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan. Beberapa usulan yang dilontarkan peserta menjadi ajang diskusi bersama dan diakhiri dengan simpulan apik oleh narasumber. (PKN/HI TTE)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini