Tegal - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tegal melakukan anjang sana ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Tegal pada Selasa (8/9). Kegiatan ini sudah direncanakan jauh-jauh hari, namun terbentur adanya Pandemi Covid-19. Kegiatan baru diselenggarakan setelah semua dirasa aman di Era Tatanan Baru ini.
Diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan pembangunan kantor yang berpredikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Sebuah predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) kepada unit kerja di instansi pemerintah.
Melalui kunjungan ini KPKNL Tegal ingin menggali bagaimana pelayanan prima yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dinyatakan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan Kota Tegal, terjadi perubahan paradigma di BPJS Ketenagakerjaan dari product centric menjadi customer centric. BPJS Ketenagakerjaan diharuskan lebih mengutamakan pelanggan dalam memberikan layanannya.
Untuk mewujudkan paradigma yang baru ini, BPJS Ketenagakerjaan menetapkan dua sasaran strategis dalam customer perspective, yaitu memperluas cakupan kepesertaan serta memberikan pelayanan yang mudah, ramah, modern, dan manfaat lebih.
Bagi KPKNL Tegal pengetahuan tentang pelayanan prima sangatlah penting untuk senantiasa melakukan perbaikan pelayanan ke depan. “Kami telah mengamati seperti apa pelayanan di BPJS Ketenagakerjaan. Banyak hal yang kita peroleh dan dapat dicontoh untuk keseharian di kantor,” tutur Wakil Ketua Tim WBBM KPKNL Tegal Rohadi yang hadir bersama beberapa agen perubahan KPKNL Tegal. (Ratna Astuti HI KPKNL Tegal)