Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
FGD Pejabat Administrator Triwulan I 2022 : "Kemenkeu Dinamis, Berintegritas dan Kolaboratif"
Prasodjo Mulyo Pamudji
Rabu, 30 Maret 2022   |   125 kali

Tegal - Rabu (23/3), para pegawai KPKNL Tegal mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Triwulan I Tahun 2022 secara daring melalui Zoom Meeting dengan tema “Kemenkeu Dinamis, Berintegritas, dan Kolaboratif”.

Pada kegiatan ini, Dwi Hariyanto Kepala KPKNL Tegal memaparkan 3 tema, yaitu Penguatan Integritas Jajaran Pegawai Kementerian Keuangan, Membangun Kesadaran Kemananan Informasi serta Kolaborasi Untuk Meningkatkan Penerimaan Negara. Dalam hal penguatan integritas, Dwi Hariyanto menekankan pentingnya peranan pimpinan di KPKNL Tegal, yaitu dari Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional Muda sebagai garda terdepan penguatan integritas, bertugas memimpin seluruh kegiatan pelayanan publik sesuai dengan tugas dan fungsi. “Tak kalah pentingnya fungsi Unit Kepatuhan Internal untuk selalu memantau displin, kode etik dan pengendalian internal” ujar Dwi.

Untuk keamanan informasi, Setiap pegawai KPKNL Tegal harus menerapkan keamanan informasi dan memahami ancaman terhadap keamanan informasi. “Masing-masing indvidu bertanggung jawab terhadap kerahasiaan data, akun, password serta PIN” imbuh Dwi.

Terkait  kolaborasi untuk meningkatkan peneerimaan Negara, bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan cara meningkatkan kredibilitas dan efektifitas APBN serta meningkatkan efisien layanan publik sehingga meningkatkan daya saing nasional.

Sebagai penutup pemaparan, Dwi menyampaikan  Kesimpulan dari FGD kali ini yaitu, yang pertama perlu adanya sinergi dan kolaborasi dalam membangun integritas. Yang kedua, pentingnya beretika dalam berinternet bagi pegawai Kemenkeu dalam pengelolaan keamanan informasi. Yang ketiga, kolaborasi baik dalam internal Kemenkeu maupun dengan pihak eksternal Kemenkeu sangat penting untuk mengoptimalkan penerimaan Negara, baik terkait data/informasi, SDM, sarana prasarana maupun proses bisnis dan regulasi.

Lazimnya dalam kegiatan FGD, dilakukan diskusi dan Tanya jawab dengan para peserta, sehingga para pegawai KPKNL Tegal  memiliki pemahaman yang sama untuk mewujudkan teerciptanya Kemenkeu Dinamis, Berintegritas, dan Kolaboratif.  (Penulis : Prasodjo Mulyo Pamudji)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini