Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
KPKNL Tegal Bagi Pengalaman Raih ZI WBK/WBBM : Komitmen dan Kekompakan Adalah Kunci
Prasodjo Mulyo Pamudji
Kamis, 21 Oktober 2021   |   121 kali

Tegal – Senin (18/10) Bertempat di Hotel R-Gina Pemalang, Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang menyelenggarakan acara internalisasi Pembangunan Zona Integritas Menuju  Wilayah Bebas dari Korupsi dan  Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK-WBBM) yang dihadiri  lebih dari 100 orang pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang.

Dalam kesempatan ini, KPKNL Tegal diundang untuk membagikan pengalaman tentang bagaimana predikat WBK WBBM dapat diraih pada tahun 2020, sedangkan Ombusdman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah diundang sebagai narasumber sehubungan fungsinya dalam mengawasi penyelenggaraan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan Pemerintah baik Pusat maupun daerah.

Acara dibuka dan dimoderatori oleh Gusmanto Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang. Dalam sambutannya Gusmanto menyampaikan bahwa dalam pembangunan ZI WBK WBBM Kantor Pertanahan Kabupaten  Pemalang perlu melakukan benchmarking kepada satuan kerja yang telah meraih predikat WBK WBBM maupun narasumber dibidang pengawasan pelayanan publik. "Untuk itu kami mengundang KPKNL Tegal dan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah sebagai pembicara dan  narasumber dalam acara ini" ujar Gusmanto.

KPKNL Tegal yang diwakili oleh Kepala Subbag Umum Aris Purwanto menyampaikan success story  KPKNL Tegal dalam meraih predikat WBK WBBM. Ada dua  poin penting yang harus dilakukan satuan kerja.  Pertama, kegiatan pada  enam area perubahan yaitu terkait manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen Sumber Daya Manusia, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan penguatan kualitas pelayanan publik dan penyampaian dokumen-dokumen tepat waktu dalam Lembar Kerja Evaluasi. Kedua, melakukan  intimasi kepada stakeholder guna membangun hubungan yang baik sehingga semangat ZI WBK WBBM dapat tersampaikan dan dirasakan oleh stakeholder, sehingga diharapkan stakeholder  dapat memberikan dukungan positif dalam pencapaian ZI WBK WBBM.

Ombusdman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah diwakili oleh Bellinda W. Dewanty yang sehari-hari menjabat sebagai Asisten Ombudsman Bidang Pencegahan Maladministrasi, menyampaikan tentang pentingnya  pelayanan publik berkualitas yang memenuhi ekspektasi masyarakat, sehingga diharapkan dapat meminimalkan pengaduan masyarakat atas layanan yang diberikan oleh satuan kerja.

Diakhir acara, Gusmanto meminta Aris dan Bellinda memberikan kata kunci untuk keberhasilan dalam meraih predikat WBK WBBM. Ada 2 kata yaitu Komitmen dan Kompak, ungkap Aris, dan Konsistensi imbuh Bellinda. (Penulis : Prasodjo Mulyo Pamudji)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini