Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
Dengan Replikasi, Penyelenggara Pelayanan Publik Dapat Menerapkan Inovasi-Inovasi Terbaik
Prasodjo Mulyo Pamudji
Rabu, 21 Juli 2021   |   315 kali

Tegal - Rabu (21/07) KPKNL Tegal melakukan kegiatan replikasi aplikasi KPKNL Purwokerto - KPKNL Tegal melalui Zoom Meeting Cloud. Kegiatan ini merupakan ikhtiar dari KPKNL Purwokerto untuk mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi  bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2021.

Replikasi inovasi pelayanan publik merupakan transfer pengetahuan dalam implementasi gagasan atau ide baru dari praktik inovasi pelayanan publik, baik sebagian maupun secara keseluruhan. Melalui replikasi, penyelenggara pelayanan publik dapat menerapkan inovasi-inovasi terbaik. Terdapat tiga aspek dalam replikasi inovasi yakni aspek gagasan, aspek teknik, dan aspek manajerial.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Purwokerto Wirta mempresentasikan salah satu inovasi pelayanan yang digagasnya, yaitu Aplikasi Sepekan Pelangi (Sistem E-Pelayanan Kekayaan Negara, Pelayanan Lelang dan Informasi). Aplikasi ini dapat diakses melalui bit.ly/sepekanpelangi, yang menyajikan informasi terkait perkembangan permohonan penetapan status penggunaan BMN, permohonan pemanfaatan BMN, dan permohonan penghapusan BMN yang diusulkan oleh stakeholder kepada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, serta informasi terkait perkembangan permohonan lelang di Seksi Lelang. Sepanjang presentasi berlangsung, dilakukan diskusi dan Tanya jawab untuk penyempurnaan aplikasi dimaksud.

Diakhir presentasinya, Wirta menyampaikan harapannya agar KPKNL Tegal dapat mereplikasi inovasi berupa aplikasi “Sepekan Pelangi” dan KPKNL Purwokerto di tahun 2021 dapat meraih predikat WBBM. “Pada tahun 2020, beberapa instansi Kementerian / Lembaga di wilayah Karesidenan Banyumas gagal meraih predikat WBBM, kami sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama dari KPKNL Tegal agar pada kesempatan pertama atau di tahun 2021 ini KPKNL Purwokerto dapat meraih predikat WBBM” ujarnya.

Kepala KPKNL Tegal Dwi Hariyanto menyambut baik presentasi inovasi aplikasi “Sepekan Pelangi” yang dilakukan oleh KPKNL Purwokerto. “KPKNL Tegal akan mereplikasi aplikasi “Sepekan Pelangi”, tentunya dengan dilakukan penyesuaian-penyesuaian dengan kondisi yang ada di KPKNL Tegal.” tambah Dwi.

KPKNL Tegal yang telah meraih predikat WBBM tahun 2020 dan ditunjuk oleh Kantor Pusat DJKN untuk melakukan pendampingan dan asistensi pembangunan ZI Menuju WBBM pada KPKNL Purwokerto sangat mendukung dan mengapresiasi inovasi-inovasi yang dilakukan oleh KPKNL Purwokerto,  dan berharap agar KPKNL Purwokerto dapat meraih predikat WBBM di tahun 2021. 

(Penulis : Prasodjo Mulyo Pamudji)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini