Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
DKO KPKNL Tegal : Perlu Kerja Keras dan Strategi Yang Tepat Untuk Capai NKO Yang Optimal
Prasodjo Mulyo Pamudji
Senin, 05 Juli 2021   |   129 kali

Tegal - Senin (05/07) KPKNL Tegal melaksanakan rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan II Tahun 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut dari ketentuan dalam KMK nomor 590/KMK.01/2016 tentang Pedoman Dialog Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan dan KMK 577/KMK.01/2019 tentang Manajemen Risiko di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui zoom meetings, diikuti oleh Kepala KPKNL Tegal, para Kepala Seksi dan Kepala Subbag Umum, para pejabat fungsional serta staf terkait.

DKO merupakan kegiatan yang dilakukan untuk evaluasi dan monitoring atas kinerja sebuah kantor pada Kementerian Keuangan. DKO dilakukan secara berkala setiap triwulan pada satu tahun anggaran. Pada DKO selain dibahas capaian kinerja, dibahas juga terkait kendala, masalah, hingga rencana kerja dalam rangka mencapai target kinerja organisasi. Pada DKO ini dibahas pula Indikator Kinerja Utama (IKU) dari organisasi serta bagaimana perkembangan capaian secara berkala setiap triwulan.

Sedangkan manajemen risiko merupakan proses sistematis dan terstruktur yang didukung budaya sadar risiko untuk mengelola risiko organisasi pada tingkat yang dapat diterima guna memberikan keyakinan yang memadai dalam pencapaian sasaran organisasi, yang bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan pencapaian visi, misi, sasaran organisasi dan peningkatan kinerja dan melindungi dan meningkatkan nilai tambah organisasi. Risiko sendiri merupakan kemungkinan terjadinya suatu peristiwa yang berdampak terhadap pencapaian sasaran organisasi.

Rapat DKO yang dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Tegal Dwi Hariyanto tersebut membahas mengenai capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) dari KPKNL Tegal periode Semester I Tahun 2021 serta menyusun langkah-langkah strategis pencapaian kinerja periode selanjutnya, terutama terkait layanan kepada pengguna layanan di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. "Perlu kerja keras dan strategi yang tepat untuk dapat mencapai NKO secara optimal", pesan Dwi kepada jajarannya. 

Periode Semester I tahun 2021 KPKNL Tegal dapat meraih NKO sebesar 111,97%, hal ini tidak terlepas dari kerja keras semua pegawai, penerapan strategi layanan yang tepat serta upaya optimalisasi layanan di masa pandemi Covid-19, salah satunya melalui digitalisasi proses layanan kepada stakeholder. (Penulis : Prasodjo Mulyo P,  Seksi HI KPKNL Tegal)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini