Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
DENGAN MONEV, PENYELESAIAN SERTIFIKASI BISA DIPERCEPAT
Prakoso Adhi Hoetomo
Jum'at, 26 Maret 2021   |   140 kali

Pada hari Kamis tanggal 25 Maret 2021, diadakan kegiatan Rapat Monitoring dan Evaluasi Program Sertifikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2021 yang menjadi target KPKNL Tegal. Kegiatan ini bertempat di ruang aula KPKNL Tegal dan dihadiri oleh Kepala KPKNL Tegal, Kepala Seksi dan staf PKN KPKNL Tegal, Kepala Seksi dan staf PKN 2 Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY, Perwakilan dari Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Jawa Tengah, serta Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes dan Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal.

            Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program sertifikasi BMN berupa tanah oleh DJKN. Pemerintah pusat mencanangkan target pada akhir tahun 2022 semua BMN berupa tanah yang dikuasai oleh Kementrian/Lembaga Pemerintah Pusat sudah tersertifikasi atas nama Pemerintah Republik Indonesia cq. Kementerian/Lembaga.

            Adapun target sertifikasi BMN berupa tanah KPKNL Tegal pada tahun 2021 ada 16 bidang tanah, 15 bidang berada di Kabupaten Brebes dan 1 bidang berada di Kabupaten Tegal. Dalam penjelasan yang disampaikan oleh perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal, 16 bidang tanah sekarang sudah sampai tahap P3/Pengukuran dan diharapkan pada semester I tahun 2021 sudah sampai pada tahap P4/Penerbitan Sertifikat.

            Selain membahas proses penyelesaian sertifikasi, rapat tersebut juga membahas langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan bidang tanah yang sudah bersertifikat tapi belum sesuai ketentuan. Berdasarkan hasil identifikasi dan verifikasi seluruh bidang tanah milik satker di lingkungan KPKNL Tegal, dari 328 bidang tanah terdapat 26 bidang tanah yang sudah tersertifikat tetapi belum sesuai ketentuan yaitu belum diatasnamakan Pemerintah Republik Indonesia cq. Kementerian/Lembaga.

 

            Dengan adanya monitoring dan evaluasi ini, diharapkan terjalin sinergi yang lebih baik lagi antara Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY, KPKNL Tegal, PJN I Jawa Tengah serta Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes dan Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal dalam penyelesaian program sertifikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2021.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini