Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
KPKNL Tegal Gelar Acara Gerai Layanan Virtual
Ratna Astuti
Sabtu, 14 November 2020   |   181 kali

Tegal – Memperingati Hari Ulang Tahun ke-14 Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tegal menggelar acara Gerai Layanan Virtual (GLV) pada Kamis, 12 November 2020. Dipandu oleh dua srikandi KPKNL Tegal, Sri Supangati dari Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dan Pelelang Muda Agustina Lies Rahayu. Acara serupa juga dilaksanakan serentak di setiap KPKNL Seluruh Indonesia. 

 

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Mahmudsyah, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas antusias para stakeholder KPKNL Tegal untuk mengunjungi Gerai Layanan Virtual KPKNL. “Saya berharap Bapak Ibu dapat menggali informasi lebih lanjut dari layanan-layanan yang dibutuhkan, serta memberikan masukan, sehingga kami dapat terus meningkatkan pelayananan.” ujar Kakanwil.

 

Selanjutnya, Kepala KPKNL Tegal Dwi Hariyanto menyampaikan bahwa jajarannya tak henti-hentinya melakukan inovasi agar dapat memberikan layanan prima/service excellent kepada para stakeholder.

Pada sesi lelang, Kepala Seksi Pelayanan Lelang Triyanto menjelaskan layanan SKPT Online pada Kantor Pertanahan Kota Tegal. Kini mengurus SKPT tidak lagi harus datang ke Kantor Pertanahan, namun cukup mengklik aplikasi layanan melalui website BPN. Disampaikan Triyanto, KPKNL Tegal telah terdaftar sebagai mitra kerja Kantor Pertanahan Kota Tegal pada aplikasi tersebut. Akun yang telah terdaftar itu selanjut dapat digunakan pemohon lelang untuk mengurus SKPT secara online yang selama ini harus menggunakan jasa notaris.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Anas Waskita Jati menyampaikan layanan Jemput Bola dan Reaksi Cepat pada Pengelolaan Kekayaan Negara, Di masa pandemi layanan tersebut sangat berarti untuk kebutuhan Satuan Kerja (Satker).  Kedua layanan dilakukan secara virtual. Pada layanan jemput bola, KPKNL Tegal akan menyediakan data Barang Milik Negara yang belum dilakukan Penetapan Status Penggunaan BMN agar segera diajukan permohonannya. Sedangkan layanan reaksi cepat disediakan bagi satker yang membutuhkan bantuan teknis terkait aplikasi seperti seperti SIMAN atau SIMAK BMN. Petugas pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara akan memandu melalui video call. “Harapan kami, dengan layanan ini akan terwujud 3 T yakni, Tertib Administrasi, Tertib Hukum dan Tertib Fisik pada Pengelolaan Kekayaan Negara.” pungkasnya.

Di acara tersebut KPKNL Tegal mendapat testimoni positif dari stakeholder. Diantaranya, (1) BRI Cabang Tegal yang merasa sangat terbantu dengan layanan SKPT Online, karena dapat mempercepat prosesnya dan hanya membutuhkan sedikit waktu serta tidak perlu datang ke Kantor Pertanahan. Pihaknya aplikasi ini dapat juga diterapkan di Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang. (2) Kepolisisan Resor (Polres) Tegal Kota menyampaikan bahwa sebenarnya sejak tahun 2012 telah merasakan layanan reaksi cepat, mungkin baru sekarang diresmikan layanan tersbut di acara ini.

Pada akhir acara KPKNL Tegal memberikan apresiasi/penghargaan kepada stakeholder. Penghargaan diberikan kepada BRI Cabang Slawi, Kospin Jasa Pekalongnan dan Bakeuda Kota Tegal, sebagai tiga pengguna jasa lelang teraktif. Sementara, Polres Tegal Kota, Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes diganjar penghargaan terbaik dalam pengelolaan kekayaan negara. (Foto & Teks : Tim HI KPKNL Tegal)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini