KPKNL Tegal
Berita DJKN

KPKNL Tegal Raih Juara I Lomba Kantor Pelayanan Terbaik Kemenkeu 2018

Selasa, 30 Oktober 2018   |   848 kali

Tegal – Kerja keras yang dilakukan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tegal membuahkan hasil dengan dinobatkannya KPKNL Tegal sebagai Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) peringkat I tingkat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) 2018.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan langsung piagam penghargaan kepada Kepala KPKNL Tegal Dwi Hariyanto. Penyerahan penghargaan dilakukan di Jakarta pada Selasa, 30 Oktober 2018 bertepatan dengan upacara peringatan Hari Oeang ke-72 dan Hari Sumpah Pemuda ke-90.


”Saya sangat mengapresiasi berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam peringatan  Hari Oeang 2018 ini. Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita semua untuk terus berbakti kepada bangsa dan negara,” ujar Menteri Keuangan.

Dwi Hariyanto tidak dapat menyembunyikan rasa syukur dan kebahagiaannya atas prestasi yang membanggakan ini. “Puji Syukur ke hadirat Allah SWT atas karunia-Nya sehingga KPKNL Tegal mampu meraih juara I. Saya sangat bangga dan berterima kasih atas kerja keras seluruh pejabat/pegawai KPKNL Tegal,” pujinya.


Seperti pernah diberitakan sebelumnya, perjalanan menuju puncak prestasi ini dilalui dalam rentang waktu yang cukup panjang. KPKNL Tegal telah intens berproses sejak Februari 2018 silam, melalui 3 tahapan. Dari seleksi internal DJKN, Penilaian awal hingga Penilaian Akhir yang keduanya dilakukan oleh Kementerian Keuangan. Penilaian awal digelar di KPKNL Tegal, pada Selasa, 3 Juli 2018 oleh tim juri yang terdiri dari Kepala Bagian Organisasi I Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Imam Sofyan, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Inspektorat Jenderal Kemenkeu Ghufron dan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Direktorat Jenderal Pajak Oding Rifaldi. Sementara itu Penilaian Akhir dilaksanakan di Kementerian Keuangan Jakarta, pada Kamis, 20 September 2018. Bertindak sebagai juri yakni, Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana Kemenkeu Dini Kusumawati, Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenkeu Sofandi Arifin dan Sekretaris Ditjen Bea dan Cukai Kushari Supriyanto.


Saat penilaian, Kepala KPKNL Tegal Dwi Hariyanto mempresentasikan profil KPKNL Tegal, keunggulan, tantangan, inovasi dan prestasi kantor yang dipimpinnya. Sebagai upaya memenangkan lomba, KPKNL Tegal mengusung enam inovasi berbasis teknologi informasi yakni Sempolan (Sistem Monitoring Permohonan Lelang), Angkringan (Aplikasi Tracking Permohonan Pelayanan), Cangkir (Aplikasi Baca dan Monitoring Kinerja), Sipetualang (Sistem Informasi Penatausahaan Risalah Lelang), Simpan (Sistem Informasi Pengelolaan dan Penatausahaan Berkas Kasus Piutang Negara) dan Sidia (Sistem Informasi Persediaan). Khusus untuk Sempolan dan Cangkir dapat dioperasikan dengan menggunakan smartphone/telepon pintar. Berbagai aplikasi tersebut digagas untuk menjawab ekspektasi masyarakat atas layanan KPKNL Tegal yang terus meningkat dan perkembangan teknologi di era digital.


Selain inovasi-inovasi tersebut, KPKNL Tegal melakukan langkah nyata dalam mengimplementasikan salah satu misi DJKN yakni Efisiensi Pengeluaran, Optimalisasi Penerimaan Negara dan Efektivitas Pengelolaan Kekayaan Negara. Hal itu diwujudkan dengan melakukan penghematan daya listrik dan pemanfaatan BMN KPKNL Tegal yang disewakan untuk ATM milik salah satu Bank Pemerintah di Indonesia.

Prestasi ini tentu sangat membanggakan meski penghargaan diterima dalam suasana duka mendalam atas tragedi jatuhnya pesawat JT 610. Segenap jajaran Kemenkeu mendoakan agar amalan dan pengabdian para korban mendapat balasan berlipat dari Allah SWT dan untuk keluarga yang berduka senantiasa diberi kekuatan dan ketabahan. (Berita : Tim Humas KPKNL Tegal, Foto : Kementerian Keuangan)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. KS. Tubun No. 12 Tegal - 52124
(0283) 324986
(0283) 321785
KPKNLTEGAL@KEMENKEU.GO.ID