Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
Kakanwil DJKN Jateng Dan DIY: Pejabat Lelang Harus Adaptif
Agus Widayat
Selasa, 19 September 2017   |   180 kali

Tegal - “Suatu kehormatan bagi Pejabat Lelang Kelas I yang dilantik pada siang hari yang sejuk ini, bahwa jabatan ini merupakan jabatan yang prestisius. Dalam konteks kenegaraan nama pejabat lelang akan terus muncul dalam sertifikat yang diperoleh dari transaksi lelang. Belum lagi dalam proses penegakan hukum, dimana peran pejabat lelang cukup penting,” ungkap Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta Tavianto Noegroho dalam arahannya, saat melantik dan mengambil sumpah Pejabat Lelang Kelas I KPKNL Tegal atas nama Widara Linggar Puri, Selasa (19/09).

Ditambahkannya, tugas pejabat lelang itu unik. “Biasanya gampang. Tetapi dalam kondisi tertentu bisa menjadi agak rumit. Terutama saat ada para pihak yang berkeberatan. Dan pejabat lelang seringkali berada di antara dua pihak yang mempunyai kepentingan berseberangan,” tutur Bapak penghobi olahraga tersebut. Untuk itu, pada posisi tertentu pejabat lelang harus adaptif. "Bisa cool atau slow (tenang-red),  tetapi kadang-kadang harus force atau kuat," pesannya lebih lanjut.

Banyak hal yang harus dipelajari untuk mendukung pelaksanaan tugas lelang. "Syukur alhamdulillah, kini DJKN sudah membangun lelang melalui e-auction yang lebih meminimalisasi pertemuan antar peserta lelang," tutur Pak Tav panggilan akrab Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY  itu. Menutup arahannya Pak Tav menyatakan agar pejabat lelang terus belajar dan rajin membuka aturan, mengingat jenis, objek dan tata cara lelang terus berkembang.

Tampil sebagai saksi pada pelantikan jabatan yang di masa mendatang disebut dengan Jabatan Fungsional Pelelang, yakni Kepala KPKNL Tegal Dwi Hariyanto dan Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Jateng dan DIY Syukri Asyhadhy. 

Hadir pula dalam acara yang dihelat di aula KPKNL Tegal itu, Kepala Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi Edy Suyanto, Kepala Sub Bagian Kepegawaian Priyanto Nugroho dan jajaran pejabat eselon IV dan staf KPKNL Tegal.

Dengan dilantiknya Widara, menambah deretan Pejabat Lelang yang dimiliki KPKNL Tegal menjadi 7 orang. Diharapkan tambahan amunisi tersebut menambah daya gedor skuad lelang KPKNL Tegal guna mengejar target di triwulan III 2017 utamanya dari sisi frekuensi lelang.

Seusai pelantikan, kepada awak media, Widara mengungkapkan harapannya agar dapat menjadi pejabat lelang yang amanah dan lebih berkontribusi untuk negara. "Saya harus me-manage waktu dengan baik. Tugas yang masuk duluan akan saya kerjakan duluan,” ungkap Widara saat ditanya kiatnya nanti, mengingat posisinya sekarang adalah staf di Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Tegal.

(HI_KPKNL_Tegal)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini