Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kunjungan Kerja KPKNL Tasikmalaya Ke Kantor Pertanahan Garut
Hadiwijaya
Rabu, 24 Maret 2021   |   326 kali

Garut - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tasikmalaya melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Kantor Pertanahan Kabupaten Garut pada hari Senin, 22 Maret 2021.  Tim Kecil yang dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Tasikmalaya Laesintje  Wilar, dan didampingi para kepala seksi (Kasi) yang terdiri dari Kasi Pelayanan Lelang Y. Tri Astuti, Kasi Piutang Negara Ganjar Patrianto dan Kasi Hukum dan Informasi Heru Widiyanto, diterima langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Garut, Nurus Solichin dan Kasi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah, Iman. 

Agenda utama yang menjadi dasar Tim Kecil KPKNL Tasikmalaya melaksanakan kunjungan kerja tersebut antara lain untuk menindaklanjuti  permintaan Biro Manajemen Barang Milik Negara dan Pengadaan Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada Sekretaris Ditjen Kekayaan Negara Kemenkeu yang selanjutnya meneruskan permintaan tersebut  kepada KPKNL Tasikmalaya, untuk melakukan verifikasi kebenaran atas 4 (empat) bidang tanah yang terletak di Desa Leles, Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Berdasarkan informasi awal yang diterima, seluruh asset tersebut telah bersertipikat Hak Milik (SHM) atas nama Pihak ketiga, namun terdapat catatan pada Buku Tanah, bahwa aset tersebut merupakan aset dalam penguasaan Negara c.q. Kementerian Keuangan (dahulu Departemen Keuangan). Hasil konfirmasi dari Kantah Garut tersebut, selanjutnya akan dilaporkan kepada Sekretaris Ditjen Kekayaan Negara untuk dilakukan klarifikasi lebih lanjut.

Pada kesempatan tersebut Tim Kecil KPKNL Tasikmalaya juga melaksanakan koordinasi terkait pelayanan e-SKPT dalam rangka pelayanan lelang. Dengan adanya e-SKPT yang merupakan inovasi Kementerian ATR BPN diharapkan pelayanan terkait lelang tanah akan semakin mudah dan lancar. Mengingat Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam hal pelaksanaan lelang Tanah.

Setelah dilaksanakannya kunjungan kerja dimaksud, semua pihak berharap akan meningkatkan sinergitas antar Kementerian/Lembaga, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (Seksi HI - KPKNL Tasikmalaya)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini