Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Mengelola Aset Negeri
Adi Prabawa
Jum'at, 30 Agustus 2019   |   184 kali

Garut (29/8) - Pengurusan piutang negara/daerah dan pelayanan lelang merupakan sebagian dari tugas dan fungsi KPKNL. Pengurusan piutang negara/daerah mengalami perubahan seiring waktu dan dinamika yang terjadi yaitu tidak sekedar pengurusan namun lebih luas termasuk pembinaan dalam lingkup besar pengelolaan piutang negara/daerah.

                       

Selain piutang, pelayanan lelang merupakan bagian dari pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah (BMN/D) yang mendukung tertib administrasi dan efisiensi pengelolaan aset yang dimiliki/dikuasasi Negara (BMN/D). Lelang selain didukung dengan ketentuan perundang-undangan juga memiliki berbagai keunggulan yang memberikan kepastian, keamanan, pertanggungjawaban, transparansi, persaingan dan efisiensi, hal ini sangat mendukung optimalisasi penerimaan Negara/Daerah, terutama dari sisi pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.

 

Untuk lebih memberikan pemahaman tentang piutang negara/daerah dan pelayanan lelang, sekaligus untuk lebih memperkenalkan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) sebagai satu-satunya instansi yang berwenang melakukan pengurusan piutang negara/daerah dan pelayanan lelang, KPKNL Tasikmalaya mengadakan sosialisasi pengurusan piutang daerah dan lelang barang milik daerah bekerjasama dengan Pemkab Garut bertempat di Aula Citarum kompleks perkantoran Badan Koordinasi Pemerintahan Dan Pembangunan Wilayah IV Garut pada hari Kamis (29/08/2019).

 

Sosialisasi dihadiri oleh Pimpinan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Daerah di wilayah kerja KPKNL Tasikmalaya (Kab/Kota Tasikmalaya, Kab. Garut, Kab. Ciamis, Kota Banjar dan Kab. Pangandaran).


Acara sosialisasi terasa spesial karena dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Jabar Tavianto Noegroho yang sekaligus memberikan pengarahan dengan panjang lebar dan gamblang tentang tugas dan fungsi DJKN terutama terkait pengurusan piutang daerah dan pelayanan lelang yang memungkinkan dilakukan kerja sama dengan pihak pemerintah daerah.


Paparan materi Pengurusan piutang daerah dan pelaksanaan lelang disampaikan langsung oleh Kepala KPKNL Tasikmalaya, Salbiah yang menjelaskan mulai dari pengertian, dasar hukum sampai teknis proses pengurusan piutang dan pelayanan lelang.


Acara semakin hangat pada sesi diskusi dan Tanya jawab seiring dengan banyaknya pertanyaan tentang permasalahan yang dihadapi oleh pemda khususnya berkaitan dengan pengelolaan piutang dan asset BMD, bahkan diskusi melebar sampai pada Penilaian BMD dan pengelolaan BMD. Semua pertanyaan tuntas dijawab oleh Tavianto dan Salbiah sesuai porsi Kanwil sebagai pembina dan KPKNL sebagai “front office” pelayanan.

Pada kesempatan itu sekaligus menutup kehadirannya pada acara tersebut Tavianto Noegroho mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang hadir atas antusiasme dan semangatnya dan menegaskan bahwa Kanwil DJKN Jabar khususnya KPKNL Tasikamalaya siap untuk membantu dan bekerjasama sehingga tercapai hubungan yang saling bermanfaat untuk bersama mengelola asset negeri untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.


#DJKNdinamis

#kanwildjknjabarmerenah

#kpknltasikmalayapasti

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini