Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kakanwil DJKN Jawa Barat Audiensi dengan Walikota Tasikmalaya, Bupati Ciamis dan Rektor Universitas Siliwangi
Adi Prabawa
Kamis, 02 Agustus 2018   |   269 kali

Tasikmalaya, Dalam rangka meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi DJKN, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Nuning S.R. Wulandari didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Kepala Bidang Penilaian dan Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi serta Kepala KPKNL Tasikmalaya, Salbiah melakukan audiensi ke tiga lokasi, yaitu Balai Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. (1/8/2018) Audiensi dilaksanakan sekaligus untuk memperkenalkan tusi DJKN terkait Pengelolaan Kekayaan Negara/BMN, Pengurusan Piutang Negara/Daerah dan Lelang.

Audiensi pertama dilakukan di Balai Kota Tasikmalaya. Nuning beserta rombongan diterima langsung oleh Walikota Tasikmalaya, H Budi Budiman didampingi Plt. Sekretaris Kabupaten Ciamis, Asep Goparullah, Kepala DPKAD Kota Tasikmalaya, Endang Wahbub A. serta beberapa pejabat di lingkungan pemkot Tasikmalaya. Nuning memaparkan tugas dan fungsi DJKN terkait Pengelolaan Kekayaan Negara/BMN, Pengurusan Piutang Negara/Daerah dan Lelang serta kontribusi yang sudah diberikan KPKNL Tasikmalaya dalam mendukung pelaksanaan tugas Pemerintah Kota. Tasikmalaya. Nuning menyampaikan bahwa KPKNL Tasikmalaya telah membantu melakukan penilaian Barang Milik Daerah (BMD) milik Pemkot Tasikmalaya, melaksanakan lelang barang milik daerah dalam rangka penghapusan dan memberikan kontribusi penerimaan daerah berupa Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan yang berasal dari pelaksanaan lelang tanah dan bangunan. KPKNL Tasikmalaya juga telah membantu Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Tasikmalaya dalam mengurus piutang macetnya dengan melakukan penagihan dan asistensi berkaitan dengan pengelolaan piutang daerah.

Budiman secara khusus menyampaikan terima kasih dan penghargaannya atas bantuan dan kerjasama yang baik dengan KPKNL Tasikmalaya selama ini dan berharap dapat lebih ditingkatkan lagi untuk masa yang akan datang. Budiman menyampaikan bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Kota Tasikmalaya sudah WTP selama 2 kali berturut-turut. Salah satunya adalah berkat bantuan penilaian aset yang dilakukan oleh Tim Penilai KPKNL Tasikmalaya.  

Audiensi yang kedua adalah ke Gedung Rektorat Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya di jalan Siliwangi No 24 Tasikmalaya. Nuning dan rombongan diterima oleh Plh. Rektor Universitas Siliwangi, Drs H. Iis Marwan, Wakil Rektor II, Nundang Buhaeri dan Kepala BAKPK, Amir Amilin di ruang kerja Rektor Universitas Siliwangi.  Dalam Audiensi  di Unsil, Nuning juga memaparkan tugas dan fungsi DJKN dan apa saja yang telah dilakukan KPKNL Tasikmalaya untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas Universitas Siliwangi.

Dalam pertemuan tersebut, Nundang mengemukakan rencana tukar menukar aset milik Unsil dengan Yayasan Universitas Siliwangi yang sebelumnya menaungi Unsil dan meminta dukungan Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat dan Kepala KPKNL Tasikmalaya agar dapat segera merealisasikan tukar-menukar dimaksud, mengingat aset tersebut sangat diperlukan untuk  dibangun gedung bagi kegiatan organisasi kemahasiswaan Unsil. Nundang juga menyampaikan bahwa sebagai satker baru masih harus banyak belajar berkaitan dengan pengelolaan aset dan membutuhkan asistensi dari KPKNL Tasikmalaya, apalagi saat ini masih banyak aset Unsil yang telah lama dan kondisi rusak namun belum dilakukan penghapusan.

Salbiah menyatakan siap membantu sesuai dengan tugas dan kewenangannya dengan tetap  mengedepankan profesionalisme, transparansi, kehati-hatian dan berusaha memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya sesuai ketentuan yang berlaku.

 Audiensi yang ketiga adalah ke Kabupaten Ciamis. Nuning dan rombongan diterima oleh Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin di Pendopo Kabupaten Ciamis. Di Kabupaten Ciamis, Nuning juga memaparkan tugas dan fungsi DJKN dan meyampaikan pula pelayanan yang telah diberikan KPKNL Tasikmalaya untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas pada Pemerintah Kabupaten Ciamis, antara lain berupa pengurusan piutang daerah dari BLU Rumah Sakit Ciamis, ex BPR BKPD Ciamis, Bank Jabar Ciamis, LUEPP dan TGR. Di samping itu, KPKNL Tasikmalaya juga telah membantu terkait pengelolaan BMD dan pelayanan lelang.

Nuning menyampaikan komitmen Kanwil DJKN Jabar, khususnya KPKNL Tasikmalaya untuk membantu Pemkab Ciamis terkait penyelesaian piutang daerah, pengelolaan asset daerah dan penilaian asset daerah. Bantuan tersebut berupa upaya penyelesaian permasalahan piutang daerah, asistensi terkait pengelolaan piutang, penilaian barang milik daerah dan pengelolaan BMD.

Menanggapi pelayanan yang telah diberikan oleh KPKNL Tasikmalaya Komitmen Kanwil DJKN dan KPKNL Tasikmalaya tersebut, Iing memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi dan berharap agar kerjasama yang telah terjalin terus ditingkatkan di masa mendatang, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan piutang daerah dan pengelolaan asset yang nantinya akan berdampak pada perbaikan komposisi neraca Kabupaten Ciamis, menambah penerimaan daerah dan ujungnya dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Ciamis.

Dalam audiensi tersebut hadir pula Kepala Bagian Administrasi Penghapusan Aset, Biro Perencanaan Mahkamah Agung, Agus Dwi Wijayatmoko dan Ketua Pengadilan Agama Ciamis, H. Malik Ibrahim beserta rombongan. Johnson memohon kiranya proses tukar menukar aset milik Pemkab Ciamis berupa tanah yang digunakan sebagai kantor Pengadilan Agama Ciamis dengan tanah milik Pengadilan Agama Ciamis di wilayah Kabupaten Pangandaran. Iing menyampaikan akan memperhatikan hal tersebut dan akan berkoordinasi dengan DPRD.

Dari ketiga kegiatan audiensi tersebut, Nuning berharap kepada KPKNL Tasikmalaya agar koordinasi dan komunikasi yang selama ini sudah baik dapat semakin ditingkatkan, sehingga pengelolaan dan pemanfaatan aset negara dapat menjadi semakin efektif dan efisien. Audiensi ini diharapkan dapat menjadi tambahan informasi dan pemicu bagi KPKNL Tasikmalaya untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang  profesional, amanah, santun, transparan dan inovatif dengan tetap menjaga integritas, profesionalisme, sinergi dan perbaikan terus menerus menuju kesempurnaan sesuai dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan dan motto KPKNL Tasikmalaya. (Naskah dan Foto : Hadi,Broto, Seksi HI KPKNL Tasikmalaya)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini