Tasikmalaya (31/7/2018) - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari didampingi Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi, R.B. Sigit Budi Prabowo, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Sugeng Haryadi dan Kepala Bidang Penilaian, Indra Safri serta Tim Monev reval dari Kanwil DJKN Jabar melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tasikmalaya. Dalam kunjungan kerja tersebut, Nuning, membawa 2 misi penting, yang pertama terkait dengan persiapan KPKNL Tasikmalaya dalam mengikuti lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2018 dan yang kedua berkaitan dengan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Revaluasi Barang Milik Negara.
Mengawali kunjungan kerjanya, Nuning meninjau langsung sarana dan prasarana serta kesiapan pegawai dalam menghadapi penilaian Kantor Pelayanan Terbaik. Nuning melakukan peninjauan mulai dari ruang Area Pelayanan Teladan (APT) dan dilanjutkan pada setiap ruangan Kepala Seksi, gudang berkas, halaman kantor bahkan sampai toilet dan memberikan saran perbaikan mengenai apa saja yang perlu diperbaiki. Nuning secara detail memperhatikan setiap ruangan antara lain kerapiannya, kebersihannya, kenyamanannya, dan menanyakan inovasi-inovasi yang dibuat oleh setiap seksi.
Acara dilanjutkan dengan memberikan pengarahan dalam menghadapi penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Tingkat Kementerian Keuangan tahun 2018 kepada seluruh pegawai di aula KPKNL Tasikmalaya. Dalam arahannya, Nuning menekankan agar seluruh pegawai baik pejabat, staf termasuk tenaga honorer, pramubakti dan satpam harus siap bekerja dan berbenah menghadapi penilaian Kantor Pelayanan Terbaik yang akan dilaksanakan mulai tanggal 06 Agustus 2018 sampai dengan 8 Agustus 2018. Nuning meminta agar Kepala Kantor segera melengkapi dokumen persyaratan dan kelengkapan sarana prasarana yang belum ada.
“ Agar lomba Kantor Pelayanan Terbaik ini tidak hanya untuk mendapatkan predikat saja, tetapi jadikan sebagai sarana untuk pembiasaan diri menjadi yang terbaik, sehingga menjadi budaya kerja sehari-hari”, ujar Nuning.
Sigit menambahkan, untuk meyakinkan penilai bahwa KPKNL Tasikmalaya pantas menyandang Kantor Pelayanan Terbaik Pertama, agar setiap seksi pada KPKNL Tasikmalaya menunjukkan alat atau aplikasi yang dapat mempercepat pelayanan dan pencarian dokumen dan meminta kepada seluruh pegawai termasuk honorer untuk meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja, ramah, sopan, ikhlas tanpa pamrih serta tidak melakukan Korupsi, Kolusi, Nepotisme dan secara tegas menolak gratifikasi baik uang dan barang meski dalam jumlah yang kecil.
Kepala KPKNL Tasilkmalaya, Salbiah, menanggapi
arahan Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, menyatakan akan segera
melaksanakan semua arahan yang telah disampaikan. Salbiah meminta kepada
seluruh jajaran pegawai KPKNL Tasikmalaya sampai Satpam dan Pramubakti saling
mengingatkan satu sama lainnya itu merupakan bukti kepedulian terhadap Kantor
guna menghadapi penilaian Kantor Pelayanan Terbaik. (Naskah dan Foto : Hadi, Adi, Broto/Seksi HI KPKNL Tasikmalaya)