Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Evaluasi Kinerja Lelang Hak Tanggungan KPKNL Tasikmalaya Triwulan I Tahun 2022
Heru Widiyanto
Kamis, 28 April 2022   |   155 kali

Dalam pelaksanaan lelang yang dilaksanakan oleh KPKNL/Pejabat Lelang Kelas I, lelang Eksekusi pasal 6 UUHT selalu menduduki peringkat pertama dalam hal kontribusinya terhadap Pokok Lelang, PNBP Lelang, dan Frekuensi Lelang. Eksekusi Pasal 6 UUHT di KPKNL Tasikmalaya berdasarkan data lelang triwulan I KPKNL Tasikmalaya menunjukkan bahwa capaian Pokok Lelang untuk lelang Hak Tanggungan adalah sebesar 7,85 Milyar, atau setara dengan 69 persen dari total capaian Pokok Lelang sebesar kurang lebih Rp. 8,78 Milyar. PNBP lelang yang berasal dari pelaksanaan Lelang Hak Tanggungan adalah sebesar 343 juta Rupiah atau sebesar 79 persen dari total capaian PNBP triwulan I tahun 2022 sebesar kurang lebih Rp.434 juta,  sedangkan Frekuensi Pelaksanaan Lelang khusus Hak Tanggungan adalah 60,9 persen atau sejumlah 122 Frekuensi Lelang.

Dengan potensi kontribusi yang besar atas capaian lelang pada KPKNL,  diperlukan adanya monitoring dan evaluasi secara rutin atas permohonan dan pelaksanaan lelang eksekusi pasal 6 UUHT ini, sehingga diharapkan target kinerja lelang pada KPKNL khususnya KPKNL Tasikmalaya dapat tercapai 100 persen. Menilik pada capaian kinerja lelang KPKNL Tasikmalaya Triwulan I tahun 2022 dapat diperoleh kesimpulan bahwa capaian kinerja KPKNL triwulan I menunjukkan nilai positif yang telah melebihi dari target yang diharapkan. Sebagai contoh, capaian Pokok Lelang KPKNL secara total  adalah 11,352 Milyar atau mencapai 26,4 persen dari yang ditargetkan di tahun 2022, yang juga berimbang dengan persentase capaian PNBP lelangnya. Produktifitas lelang juga menunjukkan nilai yang positif, yaitu 31,7 persen, melebihi dari yang ditargetkan pada triwulan I sebesar 20 persen.

Meskipun apabila dilihat dari capaian kinerja lelang triwulan I menunjukkan nilai yang positif, tetapi pada pelaksanaan Evaluasi Capaian Kinerja Lelang Eksekusi Pasal 6 UUHT  yang dilaksanakan pada hari Senin, 25 April 2022, KPKNL Tasikmalaya tetap berharap kepada seluruh Lembaga Perbankan dan non Perbankan yang hadir dalam kegiatan ini untuk tetap semangat dan menggali seluruh potensi lelang yang ada khususnya lelang Eksekusi Pasal 6 UUHT, sehingga target kinerja lelang tahun 2022 dapat tercapai dengan maksimal.

 (Dwi Latifa Jafung Lelang – Humas KPKNL Tasikmalaya)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini