Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Awards 2021, Apresiasi dan Evaluasi Kinerja Lelang
Hadiwijaya
Senin, 31 Januari 2022   |   128 kali

Lelang Awards Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh KPKNL Tasikmalaya pada tanggal 24 Januari 2022 yang lalu merupakan apresiasi sekaligus evaluasi atas kinerja lelang yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2021. Apresiasi diberikan kepada para pemohon lelang yang berasal dari perbankan dan Lembaga pembiayaan yang memiliki kinerja paling baik, yang dibagi menjadi tiga kategori , yaitu kategori Responsif, kategori Pokok Lelang dan PNBP, serta kategori Produktivitas  Lelang .

Kategori Responsif diberikan kepada Perbankan yang memiliki kinerja paling rapi dalam penyerahan berkas, dan paling cepat tanggap dalam berkomunikasi. Pada kategori ini, nominasi diberikan kepada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. RCR VI, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil 04, dan BJB Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya.

Selanjutnya, untuk kategori nominasi Pokok dan PNBP Lelang diberikan kepada Perbankan yang menyumbang Pokok Lelang dan PNBP lelang dengan tiga urutan terbesar di tahun 2021, yaitu PT. Bank Syariah Indonesia Tbk. Area Bandung Kota, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. RCR VI, dan Bank Raya Indonesia.

Nominasi kategori terakhir yaitu Produktivitas Lelang diberikan kepada lembaga penyumbang kontribusi produktivitas Lelang  terbesar yaitu PT. Bank Mandiri (Persero) RCR VI, PT Bank Tabungan Negara Tbk. Cabang Tasikmalaya, dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Tasikmalaya.

Di samping pemberian apresiasi kepada para pemohon lelang yang berkinerja tinggi, pada lelang awards 2021 juga dilakukan evaluasi atas kinerja lelang, khususnya lelang Hak Tanggungan. Berdasarkan data yang dimiliki, diketahui sebanyak 65,89% atau hampir dua pertiga pelaksanaan lelang di KPKNL Tasikmalaya didominasi oleh jenis lelang eksekusi Pasal 6 hak tanggungan dengan total frekuensi lelang adalah 566 frekuensi.

Selanjutnya, berdasarkan rekapitulasi data, nilai pokok lelang yang diperoleh dari pelaksanaan Lelang Eksekusi Pasal 6 Hak Tanggungan di tahun 2021 adalah 23,72 Milyar rupiah dengan PNBP diperoleh sebesar 1,048 Milyar. Dengan capaian tersebut dan digabungkan dengan penerimaan pokok lelang dan PNBP lelang dari pelaksanaan lelang selain jenis lelang Eksekusi Pasal 6  Hak Tanggungan dan Lelang yang dilakukan oleh PT Pegadaian, capaian Pokok Lelang dan PNBP Lelang KPKNL Tasikmalaya pada tahun 2021 telah melewati target yang telah ditetapkan, di mana pokok lelang tercapai 88,85 Milyar atau mencapai 153 persen dari yang ditargetkan sebesar 58 Miliar Rupiah dan PNBP tercapai sebesar 2,427 Miliar atau mencapai 112,3 persen dari target sebesar Rp 2.160.000.000,00.

Selain melihat dari sisi Pokok Lelang dan PNBP Lelang, evaluasi juga dilakukan atas tingkat produktivitas lelang. Produktivitas Lelang merupakan perbandingan jumlah frekuensi lelang laku dengan total frekuensi lelang. Produktivitas lelang khusus untuk jenis lelang eksekusi hak tanggungan tahun 2021 masih menjadi “pekerjaan rumah” bagi pihak perbankan/lembaga pembiayaan selaku pemohon lelang untuk lebih meningkatkan kinerjanya di tahun 2022. Hal tersebut karena ditahun 2021 nilai produktivitas untuk jenis lelang ini hanya mencapai 7,05 persen

Penyelenggaraan Lelang Awards 2021 merupakan sarana yang baik untuk memberikan apresiasi sekaligus evaluasi atas kinerja lelang. Dengan momentum tersebut diharapkan pada tahun 2022 para pemohon lelang, khususnya kalangan perbankan dan Lembaga pembiayaan yang sudah berkinerja baik dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya. Khusus terkait lelang eksekusi Pasal 6 Hak Tanggungan yang mendominasi pelaksanaan lelang di KPKNL Tasikmalaya, di tahun 2022 dapat meningkatkan capaiannya, baik Pokok Lelang, PNBP Lelang , maupun produktivitas lelang. Hal tersebut suatu keniscayaan, mengingat target yang ditetapkan dari tahun-ketahun juga terus challenging.

(Penulis :Dwi Latifa Sari/ Pelelang Ahli PertamaI – Tim Humas KPKNL Tasikmalaya)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini