Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
SIKEP INOVASI KPKNL TASIKMALAYA, WUJUD LAYANAN YANG BERDAMPAK CAPAIAN KINERJA ORGANISASI
Heru Widiyanto
Rabu, 26 Januari 2022   |   359 kali

Aplikasi Sistem Informasi Kinerja Individu (Sikep) adalah suatu aplikasi berbasis google form dan difasilitasi oleh interface google sites, sebagai suatu aplikasi opensource yang diberikan oleh suatu perusahaan teknologi ternama yang mengembangkan teknologi android google inc., diciptakan guna memenuhi kepentingan pemangku kepentingan di lingkungan KPKNL Tasikmalaya.

Sikep dikembangkan oleh KPKNL Tasikmalaya, sebagai bagian dari Tim Penguatan Pengawasan Pembangunan ZI WBBM KPKNL Tasikmalaya tahun 2021. Kebutuhan akan adanya suatu aplikasi yang dapat menyediakan data terkait informasi capaian kinerja individu pegawai khususnya di lingkungan KPKNL Tasikmalaya yang selama ini belum disediakan oleh aplikasi yang telah dikembangkan terlebih dahulu oleh kantor pusat mengenai kinerja individu.

Sikep melalui interface google sites sebagai platform opensource dimanfaatkan oleh Seksi Kepatuhan Internal untuk mengembangkan aplikasi kinerja yang mampu menampilkan capaian kinerja individu pegawai dalam periodesasi tertentu hingga bulanan dan bahkan harian atau mingguan. Melalui aplikasi SIKeP yang dapat menampilkan kompilasi capaian kinerja individu secara real time dan sesuai dengan kebutuhan organisasi nantinya akan mampu menjadi basis data capaian kinerja oganisasi manakala dibutuhkan secara rinci data terkait capaian kinerja individu.

Melalui aplikasi SIKeP sebagaimana telah disampaikan sebelumnya bahwa sangat bermanfaat mampu meningkatkan kinerja dan performa para pegawai secara langsung dalam mendongkrak peningkatan capaian kinerja organisasi. Data ini dapat diketahui manakala membandingkan hasil capaian kinerja organisasi di tahun 2021 saat aplikasi ini digunakan disandingkan dengan data capaian di tahun 2020.

Dengan aplikasi SIKeP maka mampu mengukur capaian kinerja organisasi secara terarah dan akuntabel. Dengan demikian capaian kinerja KPKNL Tasikmalaya pada tahun 2021 adalah cerminanan dari peningkatan kinerja invidividu masing-masing pegawai saat pandemi masih berlangsung. Dengan begitu aplikasi ini mampu menampilkan tidak hanya adanya peningkatan capaian kinerja secara organisasi namun juga peningkatan capaian kinerja secara individu.

Selain itu aplikasi SIKeP yang menggunakan platform situs google juga mampu menampilkan aplikasi lain yang dibutuhkan oleh para pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari hari demi meningkatkan performanya diantaranya, mampu menampilkan secara cepat link aplikasi office Nadine, absensi, e-performance dan lain sebagainya sebagai sarana yang dapat menunjang kelancaran pegawai dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas dan fungsi pekerjaan yang diberikan, sebagaimana dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan, dan pegawai itu sendiri di lingkungan KPKNL Tasikmalaya.

Saat ini Aplikasi SIKeP terlah dikembangkan dalam bentuk platform berbasis android. Terkait cara pelaksanaan download aplikasi SIKeP masih menggunakan proses donwnload manual melalui platform media komunikasi WA yang disampaikan pada PIC aplikasi maupun melalui proses download perangkat komputer/PC pada link yang disediakan oleh aplikasi tersebut melalui https:/bit.ly/sikepki.

Dengan melalui platform android diharapkan penggunaan aplikasi SIKeP dapat dengan mudah diakses guna memenuhi kebutuhan para pegawai di lingkungan KPKNL Tasikmalaya dalam melaksanakan input kinerja bulanannya maupun dalam rangka mengakses informasi lainnya yang berhubungan dengan kemudahan mengakses aplikasi lainnya yang dibutuhkan dalam peningkatan kinerja para pegawai di lingkungan KPKNL Tasikmalaya. Dengan aplikasi SIKeP dapat diakses dengan cepat, akurat sebab semua link terhubung dalam akses terbatas melalui aplikasi tersebut.

Kecepatan akses dan tampilan yang baik aplikasi SIKeP dalam platform android diharapkan lebih cepat diakses tanpa kendala lamanya mengakses melalui browsing internet. Maka aplikasi ini perlu didaftarkan pada google playstore agar mudah diakses secara umum, namun berhubung aplikasi diciptakan untuk menunjang kebutuhan internal KPKNL Tasikmalaya, maka apabila didaftarkan melalui aplikasi google playstore, selain membutuhkan dana pendaftaran yang tidak sedikit juga untuk membatasi penggunanya agar lebih inklusif sebagaimana peruntukkan guna menunjang kebutuhan data secara cepat terkait kinerja oleh Seksi Kepatuhan Internal selaku pengembang.

Melalui aplikasi SIKeP ini Capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Tasikmalaya Tahun 2021  sebesar 110,76%, mengalami peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan Tahun 2020 nilai  NKO sebesar 95,36 % pada saat belum mengunakan SIKeP. Hal ini dapat kami gambarkan  bahwa SIKep sebagai alat monitoring atau dasbord secara realtime terhadap capaian kinerja sangat bermanfaat dan berdampak kepada organisasi atas capaian kinerja  dari masing-masing pegawai KPKNL Tasikmalaya. Selain itu SIKeP tampilannya jelas dan mudah diakses.

(Aceng Saefeul Anwar Seksi KI –  Tim Humas KPKNL Tasikmalaya)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini