Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Kemenkeu Satu Tarakan Sapa Pelaku UMKM di Iraw Tengkayu XI 2022
Tiara Risti Lavenda
Senin, 10 Oktober 2022   |   163 kali

Tarakan – Masyarakat Kota Tarakan kembali menggelar Pekan Kebudayaan Daerah Iraw Tengkayu XI pada 1-8 Oktober 2022. Pada festival tersebut, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan bergabung dalam gerakan “Teman UMKM” bersama dengan seluruh unit vertikal Kemenkeu di Kota Tarakan dan juga sejumlah BUMN. Teman UMKM merupakan bentuk kolaborasi lintas instansi yang bertujuan untuk mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tarakan melalui berbagai program seperti Lelang Produk UMKM, Ekspor Produk UMKM, Program Pembiayaan Ulta Mikro (UMi), Business Development Service (BDS), dan berbagai program lain.

Hampir tiga tahun berlalu sejak pelaksanaan Iraw Tengkayu X di akhir 2019. Tahun ini Padaw Tuju Dulung kembali dilarung ke laut. Masyarakat Kota Tarakan bersuka cita menyaksikan langsung puncak Festival Iraw Tengkayu XI tersebut di kawasan wisata Ratu Intan Pantai Amal, Tarakan. Ritual Tidung Pesisir ini melambangkan ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa. Setelah dihantam pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu, kini perekonomian telah menggeliat bangkit dan pulih.

Selama pandemi, UMKM merupakan salah satu kelompok masyarakat yang paling terdampak. Tanggap atas hal ini, sejak 2021, KPKNL Tarakan telah membantu banyak pelaku UMKM Tarakan untuk memasarkan produknya secara nasional melalui program Lelang Produk UMKM. Pada tahun 2022, selain melaksanakan lelang produk UMKM secara berkala, KPKNL Tarakan juga terus berupaya mengedukasi masyarakat mengenai berbagai cara meningkatkan cakupan usaha. Pada rangkaian Iraw Tengkayu XI, para petugas KPKNL Tarakan turun langsung ke stan para tenant UMKM dan melakukan sosialisasi mengenai tata cara pengajuan lelang produk UMKM pada lelang.go.id.

Pelaksanaan lelang UMKM memberikan kesan positif tersendiri bagi pengusaha UMKM di Tarakan. Beberapa diantaranya mengungkapkan bahwa lelang UMKM ini sangat membantu dalam meningkatkan penjualan dan memperluas pemasaran. Hingga September 2022, KPKNL Tarakan telah berhasil menggaet 14 pengusaha UMKM untuk berkolaborasi dan mencetak 30 risalah lelang. Dari pelaksanaan lelang, KPKNL Tarakan berhhasil menjual roduk UMKM senilai total Rp 11.204.952. Produk yang di lelang berupa kerajinan tas, boneka, kain batik, kain tenun, kain ecoprint, makanan kering dan minuman.

Selain menyasar para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui lelang, KPKNL Tarakan juga mengajak masyarakat untuk menjadi pembeli lelang. Untuk mewujudkan hal ini, para petugas KPKNL Tarakan menjelaskan kepada masyarakat mengenai cara mendaftarkan akun dan cara mengikuti lelang di lelang.go.id. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya penipuan yang berkedok lelang atau mengatasnamakan KPKNL. Himbauan ini merupakan upaya preventif untuk menjaga keamanan masyarakat dalam bertransaksi lelang. Masyarakat Kota Tarakan menyambut baik informasi yang disampaikan oleh para petugas KPKNL Tarakan.

Gerakan “Teman UMKM” ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat Kota Tarakan, namun juga mempererat hubungan antar unit vertikal Kemenkeu dan juga BUMN. Kepala KPKNL Tarakan Doni Prabudi berharap kegiatan kolaboratif semacam ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Jika kita bergerak bersama, tentu impact-nya akan semakin besar dan luas. Sehingga manfaat yang diterima masyarakat pun akan semakin optimal,” ujar Doni. (Tim HI KPKNL Tarakan)

 


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini