Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Penilaian BMN Kepolisian Resor Bulungan, Tim Penilai: Survei Lapangan Itu Penting
Tiara Risti Lavenda
Jum'at, 10 Juni 2022   |   147 kali

Tarakan – Salah satu layanan yang diberikan KPKNL Tarakan kepada para pengguna layanan (stakeholder) adalah pelayanan penilaian. Dalam lingkup DJKN, penilaian diartikan sebagai proses pekerjaan untuk menilai Barang Milik Negara (BMN) yang memiliki tujuan untuk penyusunan neraca keuangan pemerintah, pemanfaatan, atau pemindahtanganan BMN itu sendiri. Hingga Mei 2022, KPKNL Tarakan sendiri telah menghasilkan laporan penilaian sebanyak 46 laporan dengan berbagai macam objek penilaian seperti tanah dan/atau bangunan, kendaraan bermotor, inventaris kantor dan lain sebagainya.

Proses penilaian diawali dengan pengumpulan data awal, kemudian pelaksanaan survei lapangan dan analisis data, lalu dilanjutkan dengan penentuan pendekatan penilaian dan simpulan nilai, serta diakhiri dengan pembuatan laporan hasil penilaian. Dalam menghasilkan laporan penilaian, tim penilai KPKNL Tarakan telah “menjelajahi” hampir seluruh wilayah kerja KPKNL Tarakan, bahkan hingga batas Utara Indonesia. Hal tersebut dilakukan dalam proses survei lapangan untuk menentukan nilai wajar objek penilaian. Oleh karena itu, dalam proses ini diperlukan pengamatan dan penelitian objek secara seksama.

Jum’at (10/06) saatnya Tim Penilai KPKNL Tarakan melaksanakan survei lapangan atas objek penilaian berupa BMN selain tanah dan/atau bangunan pada Kepolisian Resor Bulungan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemindahtanganan BMN melalui lelang. Rini Rosfitasari dan Heni Rahayu Wulandari selaku tim penilai KPKNL Tarakan yang melakukan survei lapangan, melakukan pengamatan dan penelitian terhadap objek penilaian berupa tujuh unit kendaraan bermotor yang saat ini berlokasi di Kabupaten Bulungan. Kegiatan ini didampingi oleh Sutrisna dan Rohim dari satuan kerja Kepolisian Resor Bulungan.

Sutrisna menjelaskan bahwa ketujuh kendaraan yang dinilai tersebut memiliki kondisi yang rusak berat dikarenakan terkena banjir pada tahun 2015 dan 2017.

“Sekitar tahun 2015 dan 2017, Bulungan ini dilanda banjir bandang. Wah airnya masuk ke rumah-rumah dan kendaraan yang dinilai ini juga terendam banjir. Makanya kondisinya apa adanya seperti ini,” ujar Sutrisna

“Nah, kan ada hal-hal yang diluar kendali kita seperti banjir, kerusakan pada mesin dan body karena sudah lama terbengkalai, makanya kami perlu melakukan survei lapangan untuk mencocokan data yang diberikan dengan kondisi sesungguhnya. Nantinya, ini akan berdampak pada analisis perhitungan nilai,” ungkap Rini.

Lebih lanjut Rini menjelaskan bahwa kegiatan survei lapangan dalam proses penilaian merupakan tahapan yang penting untuk melakukan pencocokan data pada dokumen permohonan penilaian dengan hasil pengamatan tim penilai di lapangan. Selain itu, perlu juga dilakukan penggalian informasi terkait fakta-fakta objek penilaian dengan cara melakukan wawancara kepada pengguna barang dan mengumpulkan data-data lain yang dianggap perlu dari pengguna barang. Hasil dari survei lapangan ini akan digunakan dalam analisis perhitungan nilai.

Heni mengungkapkan bahwa penilaian BMN kali ini dilaksanakan dengan metode pendekatan data pasar. Pendekatan data pasar merupakan teknik penilaian yang dilakukan untuk mengestimasi nilai objek penilaian dengan cara mempertimbangkan data penjualan dan/atau data penawaran dari objek pembanding sejenis atau pengganti dan data pasar yang terkait melalui proses perbandingan. Metode perbandingan data pasar yaitu menggunakan informasi dari transaksi yang melibatkan aset yang sama atau sejenis dengan aset yang dinilai untuk mendapatkan indikasi nilai.

Semua data yang diperoleh, selanjutnya dituangkan dalam Berita Acara Survei Lapangan yang ditandatangani oleh Tim Penilai bersama-sama dengan pendamping dari satuan kerja Kepolisian Resor Bulungan. Kegiatan penilaian kali ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang berpedoman pada SOP Integrasi Layanan, salah satu inovasi KPKNL Tarakan. Dalam pelaksanannya, KPKNL Tarakan terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik yang profesional dan akuntabel kepada seluruh stakeholder.

 

Penulis: Tiara Risti Lavenda

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini