Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
KPKNL Tarakan Sosialisasikan Lelang Online dengan Pendekatan User Experience
Putri Setyaningsih
Kamis, 25 November 2021   |   219 kali

Tanjung Selor – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan mengajak para pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bulungan untuk mengenal sekaligus mencoba langsung aplikasi lelang online melalui portal www.lelang.go.id pada Rabu (24/11). Kegiatan ini merupakan rangkaian sosialisasi lelang untuk mendukung pelaksanaan lelang noneksekusi wajib dalam rangka penghapusan Barang Milik Daerah (BMD) Kabupaten Bulungan yang akan dilaksanakan oleh KPKNL Tarakan dalam waktu dekat.

Seluruh peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam praktek pembuatan akun peserta lelang. Pegawai KPKNL Tarakan yang bertugas memberikan asistensi pada peserta, Putri dan Tiara, mendapat banyak pertanyaan seputar prosedur pendaftaran akun peserta lelang tersebut.

Sebelum praktik dimulai, para peserta mendapat pembekalan materi dari Fungsional Pelelang Ahli Muda Joko Hadi Sugondo dan Fungsional Pelelang Ahli Pertama Arasmin Simamora. Arasmin menyampaikan materi umum mengenai lelang noneksekusi wajib BMD, cara ikut lelang, dan cara penawaran lelang. Sedangkan Joko memandu kegiatan pendaftaran akun pada aplikasi lelang.go.id serta alur permohonan lelang online. Aplikasi lelang online ini juga memberikan kemudahan kepada pemohon lelang untuk berkomunikasi dengan KPKNL Tarakan. Selain itu, pemohon juga dapat dengan mudah memantau progres permohonannya, mulai dari verifikasi sampai dengan penetapan jadwal lelang.

“Dengan adanya lelang secara online ini proses lelang menjadi lebih mudah, aman, dan harganya optimal,” ujar Arasmin.

Kepala KPKNL Tarakan Doni Prabudi menyampaikan bahwa platform lelang online pada DJKN melalui aplikasi lelang.go.id dapat memberikan kenyamanan bagi para penjual dan peserta lelang, terutama pada masa pandemi Covid-19. Penggunaan aplikasi lelang online ini tentunya menghemat waktu, biaya, dan tenaga, serta juga menurunkan risiko tatap muka di masa pandemi.

“Dengan menggunakan smartphone, kita sudah dapat mengakses lelang.go.id di mana saja dan kapanpun,” ungkap Doni.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Asistensi Administrasi Umum Setda Bulungan ini, turut dihadiri oleh Kepala BPKAD Bulungan P. Tumanggor dan Kepala Asistensi Administrasi Umum Setda Bulungan Adi Irwansyah Moh. Saan. Seluruh rangkaian acara dilaksanakan dengan menjaga protokol kesehatan.

Dalam paparannya Arasmin juga menghimbau kepada seluruh peserta agar waspada terhadap maraknya penipuan berkedok lelang. Oknum penipu umumnya mengaku dari KPKNL atau instansi pemerintah lain, lalu menawarkan lelang dengan harga murah, dan meminta uang muka yang ditransfer ke rekening pribadi agar dapat memenangkan lelang. Jika mengalami hal tersebut, masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan transfer sebelum mengkonfirmasi kebenaran pelaksanaan lelang. Lelang resmi KPKNL hanya dilaksanakan melalui laman lelang.go.id. Masyarakat juga dapat menghubungi KPKNL Tarakan  untuk informasi yang lebih detail. (Teks: Putri, Foto: Putri/Tiara)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini