Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Berkomitmen Berikan Pelayanan Prima yang Bebas Korupsi, KPKNL Tarakan Mencanangkan ZI Menuju WBK dan WBBM
Tiara Risti Lavenda
Rabu, 27 Oktober 2021   |   136 kali

Tarakan – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan Bersama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Timur dan Utara (Kanwil DJKN Kaltimtara), KPKNL Samarinda, KPKNL Balikpapan, serta KPKNL Bontang melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Selasa (26/10). Kegiatan ini dilaksanakan serentak secara hybrid (daring dan luring) dengan dihadiri dan disaksikan oleh seluruh pejabat administrator, pejabat pengawas, pejabat fungsional, dan para pegawai.

Predikat pembangunan ZI KPKNL Tarakan menuju WBK dan WBBM merupakan bagian dari agenda besar reformasi birokrasi yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Setelah memperoleh predikat WBK pada 2019 lalu, kegiatan pencanangan ini merupakan salah satu bentuk kesiapan dan komitmen KPKNL Tarakan untuk menuju predikat WBBM di tahun 2022. Hal ini diharapkan dapat menjadi bentuk konkrit pencegahan korupsi yang dilaksanakan di dalam lingkup zona integritas.

Pembangunan ZI menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan. Adapun yang menjadi dasar hukum terkait ZI, WBK, dan WBBM adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Dilingkungan Instansi Pemerintah.

Menjadi satu rangkaian dalam kegiatan pencanangan pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM, para Pejabat Administrator di lingkungan Kanwil DJKN Kaltimtara yang baru dilantik di awal Oktober 2021 juga melakukan penandatanganan Kontrak Kinerja Komplemen dan Pakta Integritas. Untuk menambah semangat, kegiatan ini ditutup dengan yel-yel dari masing-masing kantor dan foto bersama. (Teks: Tiara/Dokumentasi: Putri)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini