Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Tarakan
Berita DJKN

Mulai dari Mobil Dinas Hingga Arsip, Semua Ada di Hi-U!

Jum'at, 01 Oktober 2021   |   27 kali

Tarakan – Menyadari pentingnya pengelolaan arsip yang berkesinambungan, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan terus berupaya meningkatkan partisipasi seluruh pegawainya dalam gerakan Sadar Arsip. Oleh karena itu, tema Kearsipan diangkat pada kegiatan Rabu Berilmu pada Rabu (29/9) di Ultra Café KPKNL Tarakan. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara daring dan luring, dengan narasumber utama Laksono Mustiko Aji dan dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Tarakan.

Laksono Mustiko Aji yang akrab disapa dengan panggilan Tiko menjelaskan tentang pengelolaan arsip yang diterapkan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-196/PMK.01/2019 tentang Pedoman Kearsipan di Lingkungan Kementerian Keuangan. Pengaturan tersebut antara lain meliputi pemilahan arsip sesuai dengan kategori, menyimpan dengan label penyimpanan, pembentukan basis data untuk memudahkan pencarian, hingga penyusutan arsip.

Meskipun penataan arsip bukan hal baru di lingkungan KPKNL tarakan, namun beberapa perubahan proses bisnis Kementerian Keuangan berdampak pada prosedur kearsipan. Misalnya penggunaan secara full time aplikasi persuratan Nadine kini telah menghasilkan arsip digital yang tentu membutuhkan penanganan yang berbeda dengan arsip fisik. Update semacam inilah yang menjadi salah satu fokus utama materi yang disampaikan Tiko.

Selain prosedur umum pengelolaan arsip fisik dan digital, Tiko juga mengulas inovasi “Hi, U!”, sebuah database permohonan layanan atas tugas dan fungsi Subbagian Umum. Inovasi yang digagas dan dibidani langsung oleh Tiko ini memiliki berbagai jenis layanan antara lain (1) pemantauan peminjaman kendaraan dinas, (2) pemakaian ATK dan persediaan lainnya, (3) sarana pengaduan/kritik/saran, serta yang terbaru, (4) peminjaman arsip. Tidak hanya berfitur lengkap, permohonan yang disampaikan melalui “Hi, U!” juga dapat dipantau tindak lanjutnya secara langsung oleh pemohon layanan.

Rabu Berilmu yang dilaksanakan mingguan ini merupakan wadah pengembangan yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas SDM KPKNL Tarakan yang unggul dan terampil. Knowledge sharing yang disampaikan Tiko mendapatkan respon positif dari seluruh pegawai. Selain berdiskusi mengenai hal teknis mengelola arsip, para pegawai juga antusias untuk segera menjajal “Hi, U!” khususnya layanan peminjaman mobil dinas. (Humas KPKNL Tarakan; foto: Putri)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |