Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Tarakan
Berita DJKN

Portofolio BMN, Alat Bantu Pengambilan Keputusan Manajerial Aset Negara

Rabu, 08 September 2021   |   46 kali

Tarakan – Upaya mewujudkan manajemen aset yang lebih baik terus dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), salah satunya dengan menyusun portofolio Barang Milik Negara (BMN). Portofolio ini merupakan pengukuran kinerja suatu aset BMN yang dilakukan secara sistematis dan terukur guna mewujudkan efektivitas pengelolaan kekayaan negara dan optimalisasi potensi aset. Di lingkup Kalimantan Utara, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan mendorong implementasinya dengan melaksanakan sosialisasi portofolio aset pada Selasa (7/9). Kegiatan ini diikuti oleh beberapa satuan kerja antara lain Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Malinau, UPBU Nunukan dan UPBU Tanjung Harapan yang tugas dan fungsi utamanya untuk menunjang kegiatan transportasi udara, serta Satuan Kerja Pangkalan TNI Angkatan Udara (LANUD) Anang Busra yang bertugas menjaga pertahanan dan keamanan negara.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Tarakan Bayu Saputra Surya Wardhana yang sekaligus bertindak sebagai narasumber. Bayu menjelaskan bahwa portofolio aset terdiri dari enam indikator pengukuran yakni kepentingan umum, manfaat sosial, kepuasan pengguna, potensi penggunaan, ekonomi, dan kondisi. Selain itu, Bayu juga menjelaskan nantinya pengukuran untuk aset komersial dapat menggunakan indikator ekonomi seperti return of asset yang berfungsi untuk mengukur berapa pendapatan atas aset tersebut.

Penyusunan portofolio aset di wilayah kerja KPKNL Tarakan pada tahun 2021 ini difokuskan pada beberapa satuan kerja, di antaranya adalah keempat instansi yang mengikuti kegiatan ini. Adapun aset BMN yang diukur evaluasi kinerjanya seperti bangunan gedung kantor permanen, bangunan gedung kantor lainnya, bangunan bengkel/hanggar, gedung garasi, Halte/Shelter, bangunan parker terbuka, dan mess.

“Portofolio aset ini diharapkan dapat membantu dalam mengambil keputusan manajerial di masa depan,” ungkap Bayu.

Untuk itu ia berharap agar implementasi portofolio aset yang diatur pada KMK 349/KM.06/2018 tentang Tata cara Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Barang Milik Negara ini terus dapat ditingkatkan di seluruh satker lingkup KPKNL Tarakan.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom ini ditutup dengan permainan tebak emotikon yang dipandu oleh Lailun Erliana selaku pelaksana di Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara. Para peserta sosialisasi terlihat antusias dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. (Teks:Keni/Foto:Tiara)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |