Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara Ala KPKNL Tarakan, Dikemas dalam Bentuk Games dan Video Edukasi
Keni Hasanah Wiguna
Kamis, 10 Juni 2021   |   181 kali

Tarakan - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan terus berupaya untuk mewujudkan pelayanan terkait kekayaan negara dan lelang yang lebih baik. Untuk mewujudkan hal ini, KPKNL Tarakan berkomitmen untuk senantiasa menyediakan dan menyebarkan informasi kepada seluruh pengguna layanan dan masyarakat secara berkala. Informasi seputar pengelolaan kekayaan negara dan lelang tersebut disampaikan melalui berbagai media, salah satunya melalui kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara yang dilaksanakan pada Kamis (10/6) di Paguntaka Ballroom KPKNL Tarakan.

 

Saat membuka kegiatan, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Kalimantan Timur dan Utara menyampaikan harapannya agar kerja sama antara KPKNL dan stakeholder-nya dapat dipelihara dengan baik dan terus ditingkatkan. Menurutnya, hal ini harus diawali dengan menyamakan pemahaman antara kedua belah pihak sehingga proses selanjutnya dapat berjalan dengan optimal.

 

Materi sosialisasi pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) disampaikan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Tarakan Bayu Saputra Surya Wardhana. Bayu menjelaskan tugas dan fungsi serta layanan yang diberikan KPKNL Tarakan. Selain pemaparan materi, KPKNL Tarakan juga mengajak para peserta untuk mengikuti games yang dipandu oleh Lailun Erliana. Sesi permainan ini diharapkan dapat meningkatkan engagement dengan peserta sekaligus memperdalam pemahaman stakeholder terhadap materi yang disampaikan.

 

Pada kesempatan yang sama, KPKNL Tarakan juga menyampaikan informasi mengenai paradigma baru pengelolaan piutang negara yang dimulai dengan terbitnya PMK 163 tahun 2020. Berbagai upaya optimalisasi penagihan yang diusung dalam PMK tersebut diharapkan dapat meningkatkan penyelesaian piutang negara. KPKNL Tarakan mengemas materi mengenai Pengelolaan Piutang Negara dalam bentuk video edukasi. Selain lebih menarik, penggunaan video edukasi ini diharapkan dapat membuat materi sosialisasi menjadi lebih mudah dipahami.

 

“Ini (sosialisasi – red) menjadi upaya kami untuk selalu memberikan pelayanan prima bagi seluruh stakeholder,” ujar Kepala KPKNL Tarakan Guntur Sumitro.

 

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Tarakan ini juga dihadiri oleh masyarakat umum yang merupakan penjual/pemohon Lelang UMKM. Sebagai informasi, kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara ini juga diselenggarakan bersama dengan Penganugerahan apresisasi kepada pengguna layanan KPKNL Tarakan untuk kinerja tahun 2020 serta Pelaksanaan Lelang dan Bazaar Produk UMKM lingkup Kalimantan Utara. (Tim HI KPKNL Tarakan)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini