Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Konferensi Pers APBN di Kaltara, KPKNL Tarakan Siapkan Empat Strategi Peningkatan PNBP yang Sekaligus Mendukung PEN
Putri Setyaningsih
Jum'at, 09 April 2021   |   438 kali

Tarakan - Pandemi COVID-19 yang belum berakhir masih sangat berpengaruh pada kinerja pelaksanaan APBN Triwulan I 2021 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan. Hal ini disampaikan Kepala KPKNL Tarakan Guntur Sumitro pada Konferensi Pers APBN  Kalimantan Utara, Jumat (9/4). Kegiatan yang digelar di Paguntaka Ballroom KPKNL Tarakan ini mengusung topik utama kinerja pelaksanaan APBN dan dukungan Kemenkeu terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Guntur mengungkapkan bahwa sampai dengan akhir Maret 2021, total Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) KPKNL Tarakan adalah sekitar Rp739 juta. Nilai tersebut diperoleh dari tiga kegiatan utama yaitu pelayanan lelang, pengurusan piutang negara, dan pengelolaan kekayaan negara. Sementara realisasi belanja KPKNL Tarakan adalah sekitar Rp438 juta yang terdiri dari realisasi belanja barang senilai Rp315 juta dan belanja modal senilai Rp123 juta. Menurut Guntur, kondisi ekonomi masyarakat yang mengalami pelemahan akibat pandemi dan belum sepenuhnya pulih menyebabkan keraguan dalam eksekusi pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) dan juga pelaksanaan lelang. Hal yang sama juga berpengaruh pada proses penagihan piutang negara. 

Untuk menanggulangi kondisi tersebut, Guntur mengaku bahwa pihaknya telah menyiapkan empat strategi peningkatan PNBP yang sekaligus mendukung PEN. Keempat strategi itu adalah program keringanan tarif pemanfaatan BMN, program keringanan utang, penggalian potensi lelang UMKM, dan optimalisasi belanja yang mendukung penguatan UMKM. 

"Lelang.go.id dapat diakses secara nasional, seluruh jenis produk UMKM dapat dijual, dan tidak dipungut biaya untuk mendaftar lelangnya," terangnya. 

Lebih lanjut Guntur juga menjelaskan bahwa praktik optimalisasi aset pemerintah juga telah diberlakukan juga terhadap BMN milik KPKNL Tarakan yaitu Aula Paguntaka Ballroom. 

"Sebagai pengelola barang, kami ingin memberi contoh bentuk optimalisasi BMN yang selain menambah pendapatan negara, tapi juga bermanfaat untuk masyarakat," tandasnya. 

Selain itu program Keringanan Utang yang turut digalakkan KPKNL Tarakan juga menarik perhatian media. Program ini menyasar pelaku UMKM, debitur kredit pemilikan rumah sederhana/sangat sederhana, dan perorangan atau badan hukum yang memiliki utang kepada instansi pemerintah pusat dan pengurusannya telah dilimpahkan ke Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN). 

Kegiatan Konferensi Pers APBN  Kalimantan Utara ini merupakan kegiatan triwulanan yang digagas oleh Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Utara yang dikepalai oleh Kepala Kantor Wilayah DJPB Kalimantan Utara Indra Soeparjanto. Para pimpinan kantor vertikal Kementerian Keuangan se-Kalimantan Utara juga turut hadir dan menyampaikam paparan kinerja unit masing-masing, antara lain Kepala KPP Tanjung Redep, Kepala KPP Pratama Tarakan, Kepala KPPBC Tarakan, Kepala KPPN Tarakan, Kepala KPPN Tanjung Selor, dan Kepala KPPN Nunukan. (Tim HI KPKNL Tarakan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini