Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Rabu Berilmu KPKNL Tarakan, Siapkan Pelayanan APT yang Semakin Prima
Putri Setyaningsih
Kamis, 18 Maret 2021   |   222 kali

Tarakan – Untuk memberikan pelayanan yang semakin prima kepada stakeholder, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan melaksanakan kegiatan Rabu Berilmu dengan topik Service Excellence pada Rabu (18/03). Acara yang digelar di Ultra Café KPKNL Tarakan ini dipandu oleh Putri Setyaningsih. Selain Putri,  Asih Handayani juga bertindak sebagai narasumber pada kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Tarakan ini.

Kepala KPKNL Tarakan Guntur Sumitro menyambut baik kegiatan ini. “Dengan diaktifkannya lagi kegiatan Rabu Berilmu, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seluruh pegawai KPKNL Tarakan”.

Putri menjelaskan materi terkait pelayanan prima, yang terdiri dari tujuan dan konsep dasar pelayanan prima, kepuasan pelanggan, dan komunikasi interpersonal. Menurut Putri, tujuan dari pelayanan prima (service excellence) adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan memuaskan stakeholder. Selanjutnya, Putri juga menjelaskan bahwa service excellence sangat diperlukan bagi pegawai KPKNL Tarakan, khususnya petugas Area Pelayanan Terpadu (APT).

Selanjutnya, pemaparan materi disampaikan oleh Asih Handayani. Beberapa hal yang dibahas oleh Asih diantaranya meliputi faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal frontliner, aspek pelayanan prima, dan penanganan keluhan. Asih juga menambahkan bahwa dalam melayani stakeholder, petugas APT perlu mengingat CLAP theory yaitu Calm (tenangkan stakeholder), Listen (dengarkan keluhan stakeholder), Acknowledge (garis bawahi apa yang menjadi permasalahan stakeholder), dan Provide (memberikan solusi atas permasalahan stakeholder).

Kegiatan ini mendapat respon positif dari seluruh pegawai KPKNL Tarakan, hal ini terlihat dari diskusi yang interaktif antara pegawai dengan narasumber. (Teks:Putri/Foto:Seksi HI).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini