Tarakan – Untuk memberikan
pelayanan yang semakin prima kepada stakeholder, Kantor Pelayanan
Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan melaksanakan kegiatan Rabu Berilmu
dengan topik Service Excellence pada Rabu (18/03). Acara yang digelar di
Ultra Café KPKNL Tarakan ini dipandu oleh Putri Setyaningsih. Selain Putri, Asih Handayani juga bertindak sebagai
narasumber pada kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Tarakan ini.
Kepala KPKNL
Tarakan Guntur Sumitro menyambut baik kegiatan ini. “Dengan diaktifkannya lagi kegiatan
Rabu Berilmu, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seluruh
pegawai KPKNL Tarakan”.
Putri menjelaskan
materi terkait pelayanan prima, yang terdiri dari tujuan dan konsep dasar pelayanan
prima, kepuasan pelanggan, dan komunikasi interpersonal. Menurut Putri, tujuan
dari pelayanan prima (service excellence) adalah memberikan pelayanan
yang dapat memenuhi kebutuhan dan memuaskan stakeholder. Selanjutnya,
Putri juga menjelaskan bahwa service excellence sangat diperlukan bagi
pegawai KPKNL Tarakan, khususnya petugas Area Pelayanan Terpadu (APT).
Selanjutnya,
pemaparan materi disampaikan oleh Asih Handayani. Beberapa hal yang dibahas
oleh Asih diantaranya meliputi faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal
frontliner, aspek pelayanan prima, dan penanganan keluhan. Asih juga
menambahkan bahwa dalam melayani stakeholder, petugas APT perlu mengingat
CLAP theory yaitu Calm (tenangkan stakeholder), Listen
(dengarkan keluhan stakeholder), Acknowledge (garis bawahi apa yang
menjadi permasalahan stakeholder), dan Provide (memberikan solusi
atas permasalahan stakeholder).
Kegiatan ini
mendapat respon positif dari seluruh pegawai KPKNL Tarakan, hal ini terlihat
dari diskusi yang interaktif antara pegawai dengan narasumber. (Teks:Putri/Foto:Seksi
HI).