Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Tarakan
Berita DJKN

KPKNL Tarakan Gelar DKO Triwulan IV

Kamis, 07 Januari 2021   |   15 kali

KPKNL Tarakan mengadakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) pada Rabu (06/01). Kegiatan ini merupakan bagian dari proses monitoring dan evaluasi kinerja. Kegiatan diadakan dalam rangka me-review, mengarahkan, memotivasi, meningkatkan kerja sama internal, dan meningkatkan akuntabilitas serta mengambil keputusan atas perubahan kinerja organisasi atau pegawai demi peningkatan kualitas kinerja.

Sesuai Keputusan Menteri Keuangan 590/KMK.01/2016, DKO merupakan komunikasi formal antara pimpinan pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai di bawahnya untuk mendiskusikan pencapaian strategi, kinerja, risiko, dan rencana aksi organisasi yang dilaksanakan secara terstruktur dan berkala sesuai dengan periode triwulanan.

DKO dipimpin oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Lapianus Bubu, yang dipandu oleh Nur Saadah dan Maharani Kumalasari secara virtual berlangsung dengan efektif dan atraktif. Kepala KPKNL Tarakan Guntur Sumitro selaku pembimbing dan seluruh pegawai KPKNL Tarakan menghadiri kegiatan DKO tersebut.

Lapianus Bubu memaparkan pencapaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Tarakan sebesar 105,25% dengan keterangan sebanyak 18 IKU berstatus hijau, satu IKU berstatus merah, dan satu IKU berstatus kuning. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan capaian IKU masing-masing seksi terkait kendala tahun 2020 dan rencana kerja untuk triwulan I tahun 2021.

Setelah pemaparan terkait DKO, kegiatan dilanjutkan dengan mitigasi risiko triwulanan, evaluasi pemantaun pengendalian intern periode triwulan IV tahun 2020, serta sesi diskusi yang menjelaskan secara rinci terkait kinerja yang telah dilakukan pegawai KPKNL Tarakan. Dalam sesi tersebut, Guntur Sumitro memberikan apresiasi terhadap IKU tingkat penurunan outstanding Piutang Negara, di mana realisasi sampai tanggal 31 Desember 2020 telah melampaui target hingga 124,53%. Pencapaian yang sudah sangat baik tersebut tidak luput dari kendala yang dihadapi masing-masing seksi di mana optimalisasi pencapaian target yang terkendala pandemi covid-19 menyebabkan stakeholder melakukan penundaan pada beberapa layanan.

Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, narasumber memberikan arahan agar rencana kerja terlaksana secara efektif dan efisien untuk mencapai target yang telah ditentukan. Namun, dengan tetap mengedepankan penyerapan anggaran yang berkualitas dan dapat meminimalkan risiko yang dihadapi selama pandemi. Hal tersebut dapat dilakukan, antara lain dengan cara melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait, melaksanakan Focus Group Discussion, optimalisasi potensi lelang, serta memaksimalkan penyerapan anggaran.

Dengan tercapainya target pada masing-masing seksi di triwulan IV ini, diharapkan dapat memicu semangat bagi seksi lain dalam mencapai target yang telah ditetapkan sehingga seluruh nilai kinerja organisasi KPKNL Tarakan berada pada status hijau pada tahun 2021 dan dapat melebihi capaian target pada tahun sebelumnya.

Teks : Putri, Foto : Keni

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |