Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Tarakan
Berita DJKN

Tim KOIN Kaltimtara Optimis Meraih Juara

Kamis, 26 November 2020   |   25 kali

Tim KOIN Kanwil Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara) masuk babak enam besar Kompetisi Optimalisasi Inovasi Asset Manager DJKN 2020. Kompetisi yang pada tahap sebelumnya hanya mengyumpulkan data dan video, kini dilanjutkan dengan teknis virtual visit melalui aplikasi zoom meeting pada hari Rabu (25/11) oleh Panitia KOIN Direktorat Jenderal Kekayaan Negara untuk mewujudkan kekayaan negara yang dikelola secara optimal, berkelanjutan, instrumental dalam keuangan negara dan kontributif dalam perekonomian nasional.

Virtual visit KOIN dihadiri oleh Tim KOIN dari KPKNL Tarakan dan Kanwil DJKN Kaltimtara yaitu Bayu Saputra, Yudi Nurmana Jaya, Lailun Erliana, Laksono Mustiko Aji dan Yunita Irawati, bertindak selaku Dewan Juri yaitu Tri Wahyuningsih, Kurniawan Nizar, dan Joko Prihanto, Panitia KOIN, masyarakat pengguna gedung, serta suporter dari Kanwil DJKN Kaltimtara dan KPKNL Tarakan.

Kegiatan dibuka oleh Anggit selaku host yang kemudian memberikan kesempatan pada Tim KOIN Kaltimtara untuk melakukan presentasi selama 15 menit. Pada kesempatan tersebut Bayu Saputra selaku Ketua Tim KOIN Kanwil Kaltimtara memperkenalkan anggota timnya kemudian memberikan pemaparan terkait project KOIN Paguntaka Ballroom KPKNL Tarakan dalam Kontribusi terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak, Manfaat Sosial Budaya, serta Sinergi Kementerian Keuangan di Wilayah Kalimantan Utara khususnya bagi masyarakat Kota Tarakan.

Bayu menjelaskan sebelum pemanfaatan dilakukan, gedung digunakan untuk menunjang tugas dan fungs yaitui untuk kegiatan sosialisasi, rapat koordinasi dengan Satker, baik untuk Pengelolaan Kekayaan Negara, Penatausahaan, Penilaian, dan Pelayanan Lelang.

“Paguntaka Ballroom” merupakan aset KPKNL Tarakan yang terletak di Jalan Halmahera No. 175 Kota Tarakan. Setelah selesai dilakukan perbaikan, Paguntaka Ballroom diresmikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata pada tanggal 30 Oktober 2019. Paguntaka Ballroom sendiri disematkan menjadi nama Aula KPKNL Tarakan dengan latar belakang menjunjung kearifan lokal. Paguntaka berasal dari bahasa Tidung yang memiliki makna Kampung Kita. Selain itu, Paguntaka juga merupakan sebutan bagi Kota Tarakan, yaitu Bumi Paguntaka.

Dalam sesi pertanyaan, Bayu menjelaskan pemanfaatan Paguntaka Ballroom tidak hanya sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) namun juga memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai sumber pendapatan di masa Covid-19 oleh vendor yang bekerja sama dengan KPKNL Tarakan yaitu lunch box dan souvenir. Kegiatan ditutup dengan closing statement dari Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara Surya Hadi yang memberikan ucapan terima kasih kepada dewan juri yang memberikan saran dalam peningkatan pengelolaan aset sebagai salah satu PNBP.

Teks: Keni, Foto: Kiki, Keni & Tiara

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |