Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
OFFICE TOUR TERJEDA SEMENTARA
Mei Wulandari
Jum'at, 27 Maret 2020   |   284 kali

Desain ruang kerja kantor berkonsep terbuka atau open space office menjadi tren saat ini. Konsep open space office  ini dirasa membuat hubungan antar pegawai menjadi lebih dekat sehingga kolaborasi makin meningkat. Tata letak ruang kerja terbuka membuat suasana bekerja semakin nyaman. Ada beberapa kantor yang sudah menerapkan konsep open space office termasuk juga KPKNL Tarakan. Saat ini ruangan di KPKNL Tarakan sudah berkonsep open space yang menyesuaikan dengan gaya milenial masa kini. Konsep ini disesuaikan dengan jumlah pegawai generasi milenial yang lebih banyak daripada pegawai generasi x.

Banyak ruangan yang tidak biasa di KPKNL Tarakan ini. Mulai dari ruangan kerja pada bagian supporting (R-Zone) dan teknis (L-Zone) yang pada dindingnya terdapat wallpaper unik dan colourful. Pada salah satu sudut ruangan kerja disediakan lesehan yang nyaman digunakan untuk bekerja dan berdiskusi. Selain itu terdapat ruangan pelayanan yang nyaman dengan konsep batik motif kalimantan. Di sebelah kanan terdapat perpustakaan mini dan e auction corner dengan interior ruangan yang menyesuaikan ruangannya. Di dalam KPKNL Tarakan juga terdapat ruang rapat yang berkonsep seperti cafe, didalamnya dihiasi interior vintage dan modern. Pada sisi samping gedung kantor ada Paguntaka Ballroom yang memiliki daya tarik untuk dimanfaatkan dengan cara sewa. Pagunta Ballroom menjadi aset penghasil penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Dicelah antara gedung kantor dan paguntaka ballroom terdapat Gardenia Island. Gardenia Island merupakan taman yang sejuk dan terdapat kolam ikan ditengahnya. Tempat ini menjadi tempat favorit untuk beristirahat sejenak dari aktivitas pekerjaan.

Berawal dari open space office  tercetuslah sebuah ide untuk mengadakan Office Tour. Office Tour merupakan inovasi KPKNL Tarakan dalam hal sarana dan prasarana. Ruangan-ruangan ini menarik perhatian setiap orang yang mengunjungi KPKNL Tarakan. Tidak hanya dari internal Kementerian Keuangan, dari eksternal Kementerian Keuangan pun banyak yang melaksanakan Office Tour ini.

Office tour pertama dimulai awal tahun 2020 dengan menerima kunjungan dari Koran Radar Tarakan. Kunjungan silaturahmi dari Direktur Radar Tarakan Group Anthony Joy beserta jajaran manajemen . Pada silaturahmi ini juga dibahas terkait MoU Perwakilan Kementerian Keuangan se-Kalimantan Utara. Usai acara Anthony Joy dan jajaran berkeliling ke seluruh ruangan yang ada di KPKNL Tarakan (Office Tour). Anthony menginginkan ruangan di gedung silver radar tarakan dapat mengadaptasi konsep open space yang modern di KPKNL Tarakan.

Pada akhir januari  Kepala Polsek Tarakan Timur Faesal Rachmat beserta staff mengujungi KPKNL Tarakan untuk membahas terkait optimalisasi BMN. Dalam silahturahmi ini, Faesal beserta staff juga mengunjungi ruangan-ruangan yang ada di KPKNL Tarakan. Faesal sangat mengapresiasi seluruh ruangan yang ada di KPKNL Tarakan. Menurutnya ruangan ini sangat modern dan kekinian sehingga membuat suasana kerja sangat nyaman serta dapat meningkatkan pelayanan kepada para stakeholder.

Awal Maret KPKNL Tarakan menerima kunjungan dari Pusat Pengelolaan BMN Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kunjungan ini dalam rangka melaksanakan penilaian aset Eks. K3S PT. Medco E&P Tarakan dan PT. Medco E&P Bengarai. Aset yang dinilai tersebut nantinya akan dilelang melalui E-Auction dengan Penawaran Open Bidding.

Tidak hanya diluar kementerian keuangan namun kolega seperti Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama) Tanjung Redeb juga mengunjungi KPKNL Tarakan. Kunjungan ini dalam rangka mitigasi pengamanan dan pemindahtanganan BMN. Selain itu juga dilaksanakan Office Tour oleh Kepala KPP Pratama Tanjung Redeb (G.A Yudha Hadiyanto) beserta staf yang mengelilingi ruangan di KPKNL Tarakan salah satunya ke Paguntaka Ballroom. Paguntaka Ballroom merupakan pemanfaatan aset yang menghasilkan PNPB. Semoga office tour ini dapat menginspirasi KPP Pratama Tanjung Redeb dalam mengembangkan Sarana dan Prasarana hingga nantinya ada aset yang dapat dimanfaatkan dan dapat menghasilkan PNBP.

Office tour yang terakhir dilakukan pada pertengahan Maret sebelum merebaknya virus Covid-19. Office Tour ini yakni bersama Kepala Sekretariat Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara (Fahrizal Noor). Kunjungan ini dalam rangka Koordinasi Pengelolaan BMN. Pada kesempatan ini dilakukan juga Office Tour dengan mengunjungi ruangan-ruangan yang ada di KPKNL Tarakan.

Saat ini office tour dihentikan sementara sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19.  Pelayanan tatap muka juga dihentikan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Namun kami tetap melayani anda melalui kpknltarakan@kemenkeu.go.id atau melalui Telepon (0551) 3803588. Perlu diketahui bahwa KPKNL Tarakan tidak ditutup, hanya pelayanan tatap muka yang dihentikan sementara. Jika ada Informasi tentang kami terkait Covid-19 yang belum jelas kebenarannya jangan langsung dipercaya, silahkan langsung menghubungi Kami untuk memastikan kebenaran Informasi tersebut.
--

Jayadi minum jamu
minum jamu sama carolina
jaga kesehatan kamu
agar tidak tertular virus corona

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini