Kecepatan,kemudahan dan
kejelasan dalam mendapatkan informasi adalah hal yang wajib disediakan oleh sebuah kantor pelayanan
termasuk juga KPKNL Tarakan. Selain mempercepat pekerjaan, juga mengurangi
kemungkinan adanya kekurangan atau salahnya data / dokumen yang diminta dalam
suatu jenis layanan KPKNL Tarakan. Saat ini KPKNL Tarakan memanfaatkan kecanggihan
teknologi untuk meningkatkan kemudahan layanan kepada para pemangku
kepentingan, yaitu melalui penggunaan fitur Quick Response (QR).
Para pemangku kepentingan
KPKNL Tarakan tentunya membutuhkan informasi jenis layanan KPKNL Tarakan, baik
proses bisnis dari setiap layanan, maupun syarat-syarat yang diperlukan dalam
mengajukan sebuah permohonan. Biasanya, para pemangku kepentingan KPKNL Tarakan
akan datang berkunjung ke KPKNL Tarakan atau menghubungi via telepon terkait
layanan yang disediakan oleh KPKNL Tarakan. Beberapa wilayah kerja pemangku
kepentingan yang terpisah antara pulau satu dan pulau lainnya sehingga akses
hanya dapat ditempuh melalui jalur laut dan udara, hal ini membuat pemangku
kepentingan membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk menuju ke
KPKNL Tarakan serta mengakibatkan kurang efektif dalam memperoleh informasi
Kini, para pemangku
kepentingan bisa lebih efektif dan efisien untuk memperoleh informasi layanan
yang disediakan oleh KPKNL Tarakan. KPKNL Tarakan berinisiatif menghadirkan fitur
quick response melalui ULTRA QR yang bertujuan mempermudah dan mempercepat
akses informasi layanan yang disediakan oleh KPKNL Tarakan dengan memanfaatkan
teknologi digital.
Sejak dirilis bulan Mei
2019, ULTRA QR memberikan dampak positif bagi para pemangku kepentingan. Jika
sebelumnya para pemangku kepentingan harus mendatangi KPKNL Tarakan atau menghubungi pegawai KPKNL melalui telepon atau
aplikasi pengirim pesan dalam mendapatkan informasi mengenai layanan yang
disediakan oleh KPKNL Tarakan. Melalui Ultra QR, informasi layanan penilaian, Pengelolaan
BMN, dan lelang dapat diakses secara mandiri oleh para pemangku kepentingan
kapan saja dan dimana saja, cukup dengan scan barcode saja. Ke depan KPKNL
Tarakan berharap agar fitur QR Code dapat diterapkan seluruh KPKNL di
Indonesia.
(Teks : Mei Wulandari , Foto : Mei Wulandari, Laksono Mustiko Aji)