Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
E-Auction Masih Bergelora di Penghujung Tahun
Mei Wulandari
Senin, 25 November 2019   |   175 kali

Di Penghujung tahun 2019, KPKNL Tarakan masih getol melaksanakan lelang elektronik (e-Auction). Pada Kamis (21/11) e-Auction terselenggara berkat sinergi yang dilaksanakan dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Nunukan. Lelang yang diselenggarakan merupakan lelang noneksekusi wajib Barang Milik Daerah (BMD). Dalam pelaksanaan e-Auction terdapat 47 lot lelang berupa kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, Inventaris kantor, buku dan perahu karet. Penawaran lelang dilakukan melalui e-Auction yang dapat diakses pada www.lelang.go.id atau unduh (download) aplikasi lelang Indonesia di Play Store. e-Auction ini diselenggarakan dengan metode penawaran tertutup (close biding) dan batas akhir penawaran yakni sampai dengan 08.59 WITA.

Lelang melalui e-Auction merupakan lelang yang tidak memerlukan kehadiran peserta lelang di tempat pelaksanaan, cukup akses melalui gadget atau laptop dimanapun berada maka penawaran lelang dapat dilakukan. Dengan e-Auction ini, antusias penawar lelang sangat tinggi, hal ini dapat terlihat dari penawar lelang yang tidak hanya berasal dari Kabupaten Nunukan tapi juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti dari Samarinda, Bali, dan Sidoarjo. Meski penyelenggaraan lelang dilakukan di Kabupaten Nunukan, penawar lelang dari berbagai daerah di Indonesia dapat tetap bisa melakukan penawaran karena e-Auction bisa diakses dimana saja dengan waktu yang sudah ditentukan.

Ada hal yang membuat lelang kali ini berkesan yaitu meskipun penawaran lelang dilakukan secara elektronik, namun beberapa pembeli menyempatkan hadir untuk menyaksikan penetapan pemenang lelang di Kantor BKAD Kabupaten Nunukan. Selain itu bagi warga Nunukan, e-Auction memberikan warna yang berbeda dari lelang konvensional. Peralihan dari lelang konvensional ke e-Auction membutuhkan upaya untuk belajar. Meski demikian edukasi dari KPKNL Tarakan dan Kantor BKAD Kabupaten Nunukan terkait pelaksanaan e-Auction, mendapat respon positif dari peserta lelang. E-Auction ini dapat meningkatkan transparansi dan memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh peserta untuk menjadi pemenang lelang.

 

(teks: Mei & Syaila , foto: Syaila, editor: Ani Rejeki)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini