KPKNL Tarakan
Berita DJKN

ANTUSIAS PESERTA WORKSHOP JURNALISTIK KPKNL TARAKAN

Jum'at, 22 Maret 2019   |   36 kali

Sudah selayaknya setiap insan DJKN dapat memberikan kemampuan terbaiknya dalam setiap pekerjaan, agar dapat memberikan kontribusi guna terbentuknya citra positif bagi DJKN. Untuk membangun citra positif tersebut, pemahaman kehumasan dan jurnalistik sangatlah diperlukan.

 

Dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai di bidang jurnalistik, KPKNL Tarakan mengadakan kegiatan workshop jurnalistik yang bertemakan News Writing and Photography Skill pada hari Rabu, 20 Maret 2019. Bertempat di U’Tarakan Ballroom, workshop diikuti oleh 27 orang peserta, terdiri dari 21 orang pegawai KPKNL Tarakan dan 6 orang siswa SMKN 1 Tarakan yang sedang melakukan praktek kerja lapangan (PKL).

 

Kepala KPKNL Tarakan, Guntur Sumitro membuka kegiatan workshop dengan menyampaikan sambutan yang dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta kepada 2 orang pegawai yang merupakan Duta Pelayanan (Service Ambasador) KPKNL Tarakan yaitu Sandi dan Firda.

 

Mei Wulandari sebagai pemandu kegiatan ice breaking mengajak seluruh peserta untuk bermain “kata simon”. Kegiatan ice breaking ini bertujuan untuk membuat para peserta bersemangat dan fokus terhadap materi yang akan diberikan oleh narasumber. Antusias peserta terlihat ketika mengikuti kegiatan ice breaking ini.

 

Narasumber pada acara workshop ini adalah Azwar Halim . Azwar merupakan pimpinan redaksi dari surat kabar harian Radar Tarakan. Pengalaman Azwar di bidang jurnalistik tidak dapat dibilang sebentar, sudah lebih dari 7 tahun Azwar menekuninya. Pengalaman yang sudah cukup lama membuat Azwar tidak dapat dipandang remeh sebagai wartawan atau jurnalis. Mulai dari pengalaman saat melaksanakan investigasi penjualan anak beruang madu, hingga harus berhadapan dengan oknum yang tidak mau diangkat beritanya. Pada acara penganugerahan Indonesia Print Media Award (IPMA) dan Indonesia Your Readers Award (IYRA) 2019, Azwar mewakili Radar Tarakan meraih penganugerahan untuk kategori surat kabar harian terbaik Kalimantan.

 

Berfokus pada keahlian menulis dalam dunia jurnalistik, materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar jurnalistik, jenis-jenis berita, bagaimana jurnalis menulis berita menggunakan kaidah yang berlaku dan bagaimana pembaca dapat memahami pesan dari sebuah berita. Selain itu dalam pemaparannya, Azwar Halim juga menjelaskan bagaimana sebuah berita dapat merubah pola pikir pembaca, berita baik akan membuat pola pikir pembaca menjadi baik, begitupun sebaliknya.

 

Selanjutnya para peserta diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi penulisan berita yang telah disampaikan. Antusias para peserta terlihat ketika sesi tanya jawab berlangsung. Lima pertanyaan didapat dari lima peserta workshop, dan sebagai apresiasi atas keaktifannya peserta yang mengajukan pertanyaan diberi hadiah. Dalam rangka pemahaman peserta terhadap materi, para peserta juga diberikan studi kasus, yaitu dengan menulis berita singkat mengenai kegiatan yang sedang diikuti dan harus selesai dalam waktu 5 menit.

 

Workshop dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai keterampilan bidang fotografi dalam jurnalistik, Azwar Halim menerangkan 5 unsur dasar pengambilan gambar dalam dunia jurnalistik yang disingkat EDFAT. Adapun singkatan dari dasar tersebut terdiri dari (Entire, Detail, Frame, Angel, Time). Sama halnya dengan sesi materi news writing, peserta juga diberi kesempatan bertanya mengenai photography skill. Antusias masih ditunjukkan pada sesi kali ini, tidak sedikit peserta yang mengajukan pertanyaan mengenai teknik pengambilan gambar.

 

Dalam acara workshop jurnalistik ini, para peserta diminta untuk membawa botol air minum isi ulang yang merupakan inisiasi KPKNL Tarakan dalam partisipasi pengurangan sampah plastik. Penggunaan botol air minum isi ulang merupakan bentuk kepedulian KPKNL Tarakan terhadap lingkungan.

           

Workshop diakhiri dengan pemberian hadiah bagi peserta dengan tulisan berita terbaik, pemberian cindera mata kepada narasumber, penanggalan tanda peserta secara simbolis, dan foto bersama seluruh peserta dan narasumber.

 

(Teks : Rini Rosfitasari, Foto : Laksono Mustiko Aji Editor : Ani Rejeki)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id