Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
“MENJEMPUT TARGET 2019 YANG MENANTANG”
Ani Rejeki
Rabu, 13 Februari 2019   |   208 kali

Tarakan – Pada Selasa (12/2/2019) dilaksanakan Penandatanganan Kontrak Kinerja Kemenkeu-four dan Kemenkeu-five, Penetapan Manual IKU serta pakta integritas. Acara penandatanganan tersebut dilaksanakan di Café Ultra KPKNL Tarakan.

Acara diawali dengan arahan dari Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Tarakan, Lapianus Bubu. Dalam arahan, Lapianus bubu menyebutkan bahwa pada IKU tahun 2019 ada beberapa target baru yang terkait dengan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Bersih Bebas Melayani (WBBM). Selain itu target dari beberapa seksi juga meningkat seperti Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dengan target 1,45 Triliyun untuk nilai kekayaan Negara yang diutilisasi, Seksi lelang dengan target 16,2 Milyar serta lelang pegadaian menjadi IKU baru dengan target 50 Juta.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Kontrak Kinerja 2019, Manual IKU dan Pakta Integritas dimulai dari Kasubag Umum, para Kepala Seksi dan terakhir oleh para pelaksana. Kontrak Kinerja ini merupakan kontrak yang berisi pernyataan kesanggupan, sasaran kerja pegawai, dan trajectory target yang harus dicapai dalam periode tertentu. Dan Manual IKU adalah penjelasan mengenai IKU yang diperlukan untuk melakukan pengukuran kinerja. Sedangkan Pakta Integritas merupakan janji moral terhadap diri sendiri tentang komitmen untuk melaksanakan tugas, fungsi dan tanggungjawab sesuai dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan, Peraturan Perundangan yang berlaku, dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Penandatanganan ini sebagai wujud komitmen seluruh pegawai KPKNL Tarakan dalam menghadapi tantangan di tahun 2019.

Tidak lupa pada acara tersebut, konsumsi yang disediakan berupa buah-buahan segar yang sudah menjadi langkah kecil KPKNL Tarakan dalam menerapkan pola hidup sehat. Hal ini sesuai dengan teladan yang diberikan oleh Kepala Kantor, Guntur Sumitro.

Acara diakhiri dengan arahan dari Kepala Kantor berupa pemberian motivasi kepada seluruh pegawai KPKNL Tarakan agar tetap semangat dengan target yang Menantang di tahun 2019. Selain itu Guntur juga menyampaikan pesan SMART-C dari Kepala Kanwil Kaltimtara (Surya Hadi) tentang prinsip penyusunan kontrak kinerja dalam mencapai IKU. SMART-C merupakan singkatan dari Spesifik (mampu menyatakan sesuatu secara definitif), Measurable (dapat diukur dengan jelas), Agreeable (adanya kesepakatan bersifat top-down antara atasan dengan pemilik IKU), Realistic (Ukuran dapat dicapai dan memiliki target yang menantang), Time border (target memiliki batas waktu), dan Continously improved (kualitas senantiasa disempurnakan).

Semangat Ultra Menembus Target 2019 !

 

(Teks & Foto : Mei Wulandari , Editor : Ani Rejeki)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini