Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
SINERGI ANTAR UNIT VERTIKAL KEMENTERIAN KEUANGAN MEWUJUDKAN LKKL SEMESTER I TAHUN 2018 YANG AKUNTABEL
Wone Shubhanayati
Senin, 30 Juli 2018   |   149 kali

Adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan berupa belum terintegrasinya sistem informasi penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga tahun 2016, DJKN bersama dengan DJPB telah mengembangkan aplikasi yang dapat mengakomodir integrasi antara Aplikasi SIMAK BMN dengan Aplikasi E-rekon dan Laporan Keuangan (e-Rekon & LK). Implementasi integrasi aplikasi tersebut dilakukan secara bertahap pada 29 Kementerian/Lembaga pada tahun 2017 dan terhadap K/L lainnya pada tahun 2018. Menindaklanjuti hal tersebut, KPKNL Tarakan menghadiri undangan KPPN Tanjung Selor untuk memberikan bimbingan teknis pendampingan  penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Semester I Tahun 2018.

Bertempat di Aula Kantor Wilayah DJPb Kalimantan Utara Jalan Sutoyo No.1 Tanjung Selor, Yohanova Adi Prasetyo selaku perwakilan KPKNL Tarakan sekaligus sebagai pengelola operator aplikasi SIMAK-BMN KPKNL Tarakan memberikan materi terkait aplikasi SIMAK BMN dalam pelaksanaan e-rekonsialisasi BMN kepada 81 satuan kerja dibawah lingkungan  KPPN Tanjung Selor. Bimbingan teknis yang dibagi menjadi dua sesi yaitu Selasa, 10 Juli 2018 dan Rabu, 11 Juli 2018 tidak hanya membahas tentang pengetahuan dan mekanisme dasar penggunaan aplikasi SIMAK-BMN  dalam pelaksanaan rekonsiliasi BMN menggunakan SIMAN, bimbingan teknis ini juga membahas tentang permasalahan-permasalahan yang sering dialami beberapa satuan kerja saat melakukan integrasi antara Aplikasi SIMAK-BMN dan E-rekon, salah satu permasalahan yang sering dialami yaitu tatacara likuidasi data SIMAK-BMN karena perpindahan kode bayar KPPN.

Selain di KPPN Tanjung Selor, Yohanova juga menghadiri undangan bimbingan teknis KPPN Tarakan pada hari Kamis 12 Juli 2018 yang bertempat di Aula KPPN Tarakan Jalan Diponegoro No.46, dengan materi yang sama kepada 39 satuan kerja KPPN Tarakan.

Dengan adanya kolaborasi bimbingan teknis pendampingan dalam penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Semester I Tahun 2018 yang disampaikan oleh KPKNL bersama dengan KPPN diharapkan dapat mewujudkan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Semester I tahun 2018 yang akuntabel dan tepat waktu pada satuan kerja baik KPPN Tanjung Selor maupun KPPN Tarakan.(Teks:WoneYohan, Foto:Yohan) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini