Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
KPKNL Tarakan Gelar Monev Revaluasi Barang Milik Negara
Arif Effendi
Rabu, 06 Desember 2017   |   148 kali

Tarakan - Program Revaluasi Barang Milik Negara (BMN) tahun 2017 sudah berada di tahap akhir. Menindaklanjuti hal tersebut, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan menggelar Monitoring dan Evaluasi (monev) Revaluasi BMN.

Acara ini diselenggarakan pada Selasa, (5/12/2017) di Aula Cafe Malabar. Acara yang mengundang seluruh Satuan Kerja (Satker) di wilayah kerja KPKNL Tarakan ini juga dibarengi dengan kegiatan sosialisasi terkait penilaian kembali BMN.

Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Iwan Kurniawan, dalam sambutannya mengapresiasi kerja sama dan partisipasi seluruh Satker dalam menyukseskan program Revaluasi BMN. “Terima kasih atas partisipasi dan dukungan Bapak/Ibu selama kegiatan revaluasi ini. Semoga kedepannya, kerja sama dan hubungan baik yang telah kita bangun ini dapat tetap terjalin demi memberikan nilai bagi negeri” ujarnya.

Kepala Sub Bagian Umum, Yudi Nurmana Jaya yang menjadi Plh. Kepala KPKNL Tarakan, memaparkan hasil pelaksanaan revaluasi BMN selama satu tahun terakhir. Dari 57 Satker, tercatat 1.176 objek revaluasi yang terdiri dari 157 Nomor Urut Pendaftaran (NUP) berupa objek tanah, 865 NUP berupa gedung/bangunan, serta 154 NUP berupa jalan, jembatan dan bangunan air. Dari keseluruhan objek revaluasi dengan total nilai administrasi sebesar Rp.8,2 triliun, setelah dilaksanakan penilaian oleh tim penilai KPKNL Tarakan, diperoleh nilai wajar BMN dengan total Rp.31,1 triliun. Hal ini selaras dengan tujuan pelaksanaan Revaluasi BMN yakni untuk memperbarui nilai aset pada neraca Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2017. “Status penyelesaian IP mencapai 98,25%. Angka ini menjadi sebuah prestasi sekaligus tantangan bagi kita semua dalam penyelesaian kegiatan penilaian kembali. Hal ini tidak terlepas dari peran serta satker Bapak/Ibu sekalian dalam membangun sinergi untuk terciptanya penilaian aset yang akuntabel dan kredibel,” pungkas Yudi.

Seluruh Satker yang hadir melakukan rekonsiliasi dan konsultasi atas data hasil revaluasi BMN dengan pihak KPKNL Tarakan. Ini merupakan kegiatan inti dari acara monev BMN. Acara ditutup dengan kegiatan tanya jawab terkait permasalahan yang dihadapi oleh Satker selama melaksanakan Revaluasi. (HI TRK)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini