Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Artikel
Tips Berpuasa Saat Pandemi Covid-19
Keni Hasanah Wiguna
Kamis, 15 April 2021   |   521 kali

Puasa kali ini terasa lebih berat dari biasanya karena pandemi covid-19 belum tampak akan berakhir dalam waktu dekat. Namun di sisi lain, berpuasa dapat sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan berpuasa selama 30 hari, tubuh dapat merangsang produksi sel darah putih baru. Inilah yang mendasari regenerasi seluruh sistem kekebalan. Regenerasi sistem imun akan semakin memperkuat tubuh untuk menangkal berbagai infeksi bakteri dan virus serta penyakit lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tips puasa saat pandemi covid-19 agar kebugaran dan sistem imun tubuh kita tetap terus terjaga:

1. Tidur yang cukup

 Menjaga pola tidur adalah tips pertama yang penting dilakukan selama puasa Ramadan. Kekurangan waktu tidur bisa membuat anda rentan terhadap penyakit, termasuk Covid-19.  Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Ari Fahrial Syam mengatakan tidur ideal adalah selama enam jam. Hal tersebut akan menghindarkan diri dari risiko kesehatan yang besar.

2. Perbanyak nabati

Selain tidur, pola makan juga harus dijaga saat puasa. Perhatikan pola makan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyak konsumsi makanan nabati seperti sayur, buah, sampai kacang-kacangan yang kaya nutrisi dan antioksidan. Dengan begitu imun dan daya tahan tubuh kita akan meningkat.

3. Konsumsi lemak baik

Lemak baik seperti terkandung dalam zaitun dan ikan salmon dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem imum kita. Lemak baik dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan dapat menghambat kinerja sistem imun. Oleh karena itu, konsumsi lemak baik seperti zaitun dan ikan salmon bisa menjaga daya tahan tubuh kita selama ibadah puasa.

 4. Olahraga teratur

Olahraga teratur meningkatkan daya tahan tubuh kita melawan virus dan bakteri. Tipsnya agar tetap bisa berolahraga saat puasa adalah pilih jam-jam menjelang berbuka puasa dan setelah berbuka puasa, sehingga anda dapat terhindar dari lemas dan dehidrasi.

5. Minum air putih teratur

Air putih sangat dibutuhkan tubuh kita agar terhindar dari dehidrasi saat menjalani puasa di siang hari. Idealnya minum air putih adalah sebanyak 8-10 gelas per hari dan dapat dilakukan saat berbuka, setelah berbuka, menjelang tarawih, setelah tarawih, sebelum tidur, setelah bangun untuk sahur, saat makan sahur dan setelah makan sahur.

6. Hindari minuman manis berlebih

Hindari konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebih saat bulan puasa. Konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko terserang penyakit lain seperti diabetes dan jantung.

 

7. Jangan stres

Stres bisa mempengaruhi daya tahan dan sistem imun di tubuh kita. Penyakit akan mudah datang ketika sistem imun terganggu. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak stres. Usaha untuk menghindari stres bisa dengan meditasi, yoga dan berolahraga.

8. Konsumsi suplemen

Suplemen sangat penting dikonsumsi saat puasa Ramadan. Konsumsi suplemen imunomodulator, kinerja sistem imun akan terjaga. Konsultasikan ke dokter apa saja suplemen yang dapat kita konsumsi. Suplemen seperti vitamin C, D, zinc telah terbukti menjaga sistem imun dan daya tahan tubuh kita.

Paling penting dari semua itu adalah kita tetap menjaga pola hidup sehat kita, pola tidur yang teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat, sehingga imun tetap terjaga dan corona tak berani menyerang.

 

Penulis: Nur Saadah (KPKNL Tarakan)

Referensi:

https://www.sehatq.com/artikel/berbagai-tips-puasa-di-tengah-pandemi-virus-corona-covid-19

https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/22/200500365/persiapan-dan-tips-berpuasa-saat-pandemi?page=all

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini