KPKNL Tarakan
Artikel DJKN

Performa Menuju Kantor Modern di Ujung Perbatasan Negeri

Selasa, 05 Mei 2020   |   173 kali

Desain ruang kerja terbuka atau open space menjadi tren saat ini. Kantor dengan konsep open space dirasa membuat hubungan antar pegawai menjadi lebih dekat sehingga kolaborasi makin meningkat. Tata letak ruang kerja terbuka membuat suasana bekerja semakin nyaman. Konsep open space office ini sudah mulai diterapkan pada sebagian kantor milik perusahaan swasta dan juga kantor instansi pemerintah, terutama di kota – kota besar di Jawa. Sementara di Tarakan beberapa kantor sudah menerapkan konsep ini, salah satunya KPKNL Tarakan. Kini ruangan di KPKNL Tarakan sudah terlihat lebih nyaman, menyesuaikan dengan gaya pegawai milenial yang jumlahnya mendominasi dibanding dengan pegawai generasi sebelumnya.

Komposisi pegawai yang ada merupakan keunggulan tersendiri bagi KPKNL Tarakan dalam meraih berbagai penghargaan. Salah satu penghargaan yang diterima KPKNL Tarakan adalah sebagai Juara Ketiga Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) lingkup Kementerian Keuangan khususnya DJKN pada peringatan hari Oeang ke -73 tanggal 30 Oktober 2019. Selain itu, KPKNL Tarakan juga berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu kantor layanan yang mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)  bersama 506 unit kerja pada 63 instansi pemerintah. Penghargaan diberikan pada acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB) pada tanggal 10 Desember 2019.

Kedua prestasi tersebut diraih berkat kerja keras seluruh jajaran KPKNL Tarakan atau biasa disebut Tim Ultra. Kerja sama dan semangat yang tinggi menjadi kunci sukses Tim Ultra dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Terbukti dengan 19 inovasi yang dihasilkan, berhasil membawa KPKNL Tarakan meraih dua prestasi sekaligus. Namun demikian,  bukan hanya inovasi yang menjadi bukti nyata Tim Ultra, tetapi juga pola hidup sehat dan peduli lingkungan yang mulai pada tahun 2019 diterapkan KPKNL Tarakan dengan diinisisasi oleh Kepala KPKNL Tarakan, Guntur Sumitro. Selanjutnya, guna menjaga konsistensi dalam menjalankan programnya, berbagai kegiatan telah dilakukan KPKNL Tarakan. Dengan predikat WBK dari Kementerian PANRB dan KPT lingkup Kementerian Keuangan yang diraihnya, diharapkan KPKNL Tarakan beserta Tim Ultra dapat menjaga integritas dan komitmen dalam pencegahan korupsi, serta selalu meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa. Perlu menjadi catatan bahwa predikat WBK yang disandang suatu unit kerja dapat dicabut kapan saja apabila unit kerja tersebut melakukan tindakan yang terindikasi korupsi.

Tidak terhenti pada prestasi yang telah diraihnya, saat ini KPKNL Tarakan mengembangkan konsep open space pada ruangan yang ada. Banyak ruangan yang dimodifikasi menjadi tidak biasa di KPKNL Tarakan ini. Mulai dari penataan ruangan kerja pada bagian supporting (R-Zone) dan bagian teknis (L-Zone) dimana pada dindingnya dihiasi dengan wallpaper unik dan penuh warna. Pada salah satu sudut ruangan kerja disediakan area lesehan yang nyaman, area tersebut dapat digunakan untuk bekerja dan berdiskusi. Selain itu, terdapat ruangan pelayanan yang nyaman dengan konsep batik motif kalimantan. Di sebelah kanan ruangan tersebut terdapat perpustakaan mini dan e auction corner dengan interior ruangan yang sangat menarik. Demikian  juga dengan ruang rapat KPKNL Tarakan yang didesain berkonsep seperti cafe, dihiasi dengan interior vintage dan modern. Pada sisi samping gedung kantor ada Paguntaka Ballroom yang memiliki daya tarik untuk dimanfaatkan dengan cara sewa. Paguntaka Ballroom menjadi aset penghasil penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Dicelah antara gedung kantor dan Paguntaka Ballroom terdapat Gardenia Island. Gardenia Island merupakan taman yang sejuk dan terdapat kolam ikan di tengahnya. Tempat ini menjadi tempat favorit untuk beristirahat sejenak dari aktivitas pekerjaan.

Berawal dari open space office  tercetuslah sebuah ide untuk mengadakan konsep Office TourOffice Tour ini merupakan inovasi KPKNL Tarakan dalam hal mengoptimalkan sarana dan prasarana. Dengan konsep Office Tour, tiap bagian ruangan ini diharapkan dapat menarik perhatian setiap orang yang berkunjung ke KPKNL Tarakan. Tidak hanya dari internal Kementerian Keuangan, pengunjung dari eksternal Kementerian Keuangan pun banyak yang mengikuti Office Tour ini.

Kegiatan Office Tour pertama dimulai awal tahun 2020 dengan menerima kunjungan dari Koran Radar Tarakan. Kunjungan silaturahmi dari Direktur Radar Tarakan Group Anthony Joy beserta jajaran manajemen. Dalam kegiatan silaturahmi ini juga dibahas terkait kerja sama (MoU) literasi antara Perwakilan Kementerian Keuangan se-Kalimantan Utara dan Surat Kabar Harian Radar Tarakan. Usai membahas kerja sama Anthony Joy dan jajaran berkeliling ke seluruh ruangan yang ada di KPKNL Tarakan. Pada kesempatan itu, Anthony menginginkan ruangan di gedung silver radar tarakan dapat mengadaptasi konsep open space yang modern seperti di KPKNL Tarakan.

Pada akhir Januari, Kepala Polsek Tarakan Timur Faesal Rachmat beserta staf mengujungi KPKNL Tarakan untuk membahas terkait optimalisasi BMN. Dalam silahturahmi ini, Faesal beserta staf juga mengunjungi ruangan-ruangan yang ada di KPKNL Tarakan. Faesal sangat mengapresiasi seluruh ruangan yang ada di KPKNL Tarakan. Menurutnya ruangan ini sangat modern dan kekinian sehingga membuat suasana kerja sangat nyaman serta dapat meningkatkan pelayanan kepada para stakeholder.

Selanjutnya, pada pertengahan Februari, KPKNL Tarakan mendapat kunjungan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Utara beserta seluruh pimpinan unit kerja Kementerian Keuangan se-Kalimantan Utara guna penandatanganan MoU dengan pihak Radar Tarakan.  Setelah acara penandatanganan sebagian pimpinan unit kerja Kementerian Keuangan tersebut meluangkan waktu untuk berkeliling di KPKNL Tarakan.

Awal Maret KPKNL Tarakan menerima kunjungan dari Pusat Pengelolaan BMN Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kunjungan ini dalam rangka melaksanakan penilaian aset Eks. K3S PT. Medco E&P Tarakan dan PT. Medco E&P Bengarai. Aset yang dinilai tersebut nantinya akan dilelang melalui E-Auction dengan Penawaran Open Bidding.

Selanjutnya Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama) Tanjung Redeb juga mengunjungi KPKNL Tarakan. Kunjungan ini dalam rangka mitigasi pengamanan dan pemindahtanganan BMN. Pada bagian akhir kunjungannya Kepala KPP Pratama Tanjung Redeb, G.A Yudha Hadiyanto, beserta staf juga yang mengelilingi ruangan KPKNL Tarakan. Kepala KPP Pratama Tanjung Redeb berharap agar Office Tour ini dapat menginspirasi KPP Pratama Tanjung Redeb dalam mengembangkan sarana dan prasarananya hingga nantinya akan ada aset yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan PNBP.

Office Tour yang terakhir dilakukan pada pertengahan Maret sebelum merebaknya virus Covid-19 yaitu kunjungan Kepala Sekretariat Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara. Kunjungan ini dalam rangka Koordinasi Pengelolaan BMN. Pada kesempatan ini dilakukan juga Office Tour dengan mengunjungi ruangan-ruangan yang ada di KPKNL Tarakan.

Sejatinya Office Tour yang dilakukan ini memiliki beberapa manfaat. Bagi KPKNL Tarakan sebagai media untuk memperkenalkan tugas dan fungsi (tusi) KPKNL, dengan ini pengunjung/pengguna jasa dapat teredukasi tentang tusi KPKNL. Selain itu Office Tour ini juga akan menjadikan KPKNL sebagai kantor yang memiliki karakter kreatif dan inovatif, sehingga dapat menjadi inpirasi kantor modern khususnya di ujung perbatasan utara negeri.

Saat ini sedang terjadi wabah pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia. Dengan kondisi seperti saat ini memaksa program Office Tour KPKNL Tarakan dihentikan sementara sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Pelayanan tatap muka juga dihentikan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pelayanan KPKNL Tarakan saat ini dilakukan secara online melalui kpknltarakan@kemenkeu.go.id atau melalui Telepon (0551) 3803588. Jika ada Informasi tentang KPKNL Tarakan terkait Covid-19 yang belum jelas kebenarannya sebaiknya tidak langsung dipercaya, para stakeholder dipersilahkan untuk menghubungi KPKNL Tarakan guna memastikan kebenaran Informasi tersebut. (Ani/Mei)


Artikel ini telah terbit di Koran Radar Tarakan Tanggal 30 April 2020 dengan judul Performa KPKNL Tarakan Menuju Kantor Modern.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Pengumuman
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id