Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang II > Kilas Peristiwa
Tingkatkan Kewaspadaan untuk Selamatkan Diri dari Kebakaran
Rinto Arizandi Saputro
Selasa, 19 November 2019   |   214 kali

Tangerang - Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan pegawai terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran baik di lingkungan kantor maupun di lingkungan sekitar, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang II dan Tangerang I bersama Dinas Pemadam Kebakaran/Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mengadakan simulasi penanggulangan kebakaran pada Jumat (15/11).

Kegiatan simulasi penanggulangan kebakaran dahului dengan pembekalan materi dasar mengenai penyebab terjadinya kebakaran, cara mengatasi kebocoran gas, serta cara melakukan pemadaman api. Penanggulangan kebakaran kecil dapat dilakukan dengan dua cara, yakni secara tradisional dengan menggunakan karung goni yang telah dibasahi dengan air dan secara modern dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Dua jenis APAR yang dijual bebas terdiri dari bahan dry chemical powder dan CO2 yang keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk memadamkan api pada saat kebakaran terjadi.

Gedung kantor KPKNL Tangerang II saat ini telah dilengkapi dengan perangkat instalasi alarm peringatan dini kebakaran dan APAR yang tersedia di beberapa sudut ruangan. Informasi mengenai penggunaan APAR di lingkungan kantor menjadi sangat penting diketahui para pegawai sebagai upaya penanggulangan bencana kebakaran.

Para pegawai yang hadir pada kegiatan tersebut, termasuk Kepala KPKNL Tangerang II antusias untuk mencoba praktik langsung memadamkan api baik dengan menggunakan karung basah atau dengan APAR dengan baik dan benar secara bergantian.

Dalam penutupnya, Aziz Hamzah, BPBD Kota Tangerang, mengharapkan agar kegiatan ini dapat menambah wawasan, meningkatkan kemampuan dan kesiapan pegawai dalam menghadapi kebakaran. Dan tak lupa menghimbau agar tetap dilakukan pemeliharaan berkala terhadap APAR yang tersedia di kantor.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini