Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Tangerang II
Berita DJKN

Bersiap menuju Kemenkeu Government 4.0, KPKNL Tangerang II gelar FGD Triwulan III tahun 2021

Selasa, 14 September 2021   |   46 kali

Senin (13/09), KPKNL Tangerang II mengadakan FGD (Focus Group Discussion) Pejabat Administrator Triwulan III Tahun 2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap Triwulan yang dilaksanakan seluruh kantor vertikal DJKN sebagai tindak lanjut Surat Edaran Menteri Keuangan nomor SE-3/MK.1/2020 tentang Pelaksanaan FGD di Lingkungan Kementerian Keuangan. Focus Group Discussuion sendiri bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman/persepsi pegawai Kementerian Keuangan terhadap arahan dan/atau kebijakan yang disampaikan oleh para pimpinan di lingkungan Kementerian Keuangan dan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja organnisasi dan individu di unit kerjanya masing-masing. Kegiatan ini dibawakan oleh Kepala KPKNL Tangerang II dan dilaksanakan secara virtual melalui web teleconference serta dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Tangerang II.

Mengusung tema "Menuju Kemenkeu Government 4.0", FGD kali ini membahas beberapa perubahan atau transformasi yang sedang berlangsung di Kementerian Keuangan. Salah satunya adalah Kementerian Keuangan berproses menuju Learning Organization atau organisasi pemelajar. Kepala KPKNL Tangerang II, Tredi Hadiansyah menjelaskan bahwa Learning Organization bertujuan untuk mewujudkan organisasi yang lincah, adaptif dan inovatif dengan cara memelihara aset intelektual organisasi melalui manajemen pengetahuan dan membangun budaya belajar. "Learning organization bukan hanya melibatkan para staf sebagai pemelajar. Justru peranan pimpinan sebagai Pejabat Administrator itu sangat penting bahkan bisa dikatakan merupakan peran yang sangat strategis. Karena dalam Learning Organization, pimpinan bukan hanya sebagai evaluator, melainkan juga sebagai coach, mentor dan counselor yang menjadi teladan serta mendorong stafnya agar terus termotivasi untuk selalu belajar" tambah Tredi.

Selain Learning Organization, Kepala KPKNL Tangerang II juga menjelaskan tentang RKMD (Ruang Kerja Masa Depan) sebagai salah satu transformasi Kementerian Keuangan menuju Kemenkeu Government 4.0. Ruang Kerja Masa Depan merupakan perubahan budaya kerja baru Kementerian Keuangan yang menghilangkan sekat-sekat antar instansi dan optimalisasi aplikasi e-Kemenkeu sebagai sarana yang dapat menunjang para pegawai untuk bekerja bersama dalam satu tim yang juga terdiri dari pegawai unit instansi lain. "RKMD ini menuntut kita agar selalu berpikir terbuka. Saling berbagi dan saling belajar untuk menghadapi perubahan di luar maupun di dalam organisasi. Jangan sampai ada pegawai yang tertinggal dalam implementasi perubahan-perubahan kita." pungkas Tredi. Dengan adanya FGD mengenai implementasi perubahan dalam Kementerian Keuangan, diharapkan para pegawai Kementerian Keuangan khususnya di KPKNL Tangerang II dapat memiliki gambaran dan mempersiapkan diri untuk menerapkan budaya kerja baru demi terwujudnya Kemenkeu Government 4.0. (Humas KPKNL Tangerang II)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Sukaasih, Tangerang
(021) 55771197,55771198
(021) 55771195
kpknltangerang2@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |