Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Koordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan, Optimalisasi Pengurusan Piutang Negara
Sobarudin
Rabu, 11 Juli 2018   |   413 kali

Tangerang – Kerjasama antara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang II dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Tangerang telah terjalin selama beberapa tahun terakhir. Sebagai salah satu stakeholder, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang selama ini cukup aktif dalam menyerahkan pengurusan Piutang Negara ke KPKNL Tangerang II.

Pada Rabu, 04 Juli 2018 kembali dilakukan rapat koordinasi dan diskusi problem solving terkait pengurusan piutang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang yang selama ini diserahkan ke KPKNL Tangerang II. Acara tersebut berlangsung di ruang Kepala Kantor KPKNL Tangerang II, dihadiri oleh Kepala KPKNL Tangerang II, Kepala Seksi Piutang Negara beserta staf, Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Cimone, Diding Ramdani, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Cikokol, Hasan Fahmi, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Cikupa, Maulana Z.U., dan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Batu Ceper, Ferry Yuniawan. Momen baik ini sekaligus sebagai perkenalan dengan Kepala Kantor KPKNL Tangerang II yang baru, Tredi Hadiansyah, yang menggantikan Kepala Kantor sebelumnya mulai Mei 2018.

Agenda utama rapat koordinasi kali ini antara lain membahas mengenai evaluasi pengurusan Piutang Negara yang telah diserahkan ke KPKNL Tangerang II, sekaligus rencana tindak untuk kedepan termasuk rencana penyerahan pengurusan Piutang Negara yang baru dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang. Selain itu, dalam rapat koordinasi dan problem solving pengurusan Piutang Negara semester 1 (satu) kali ini, pihak BPJS menyampaikan permasalahan terkait adanya selisih besaran piutang yang telah diserahkan ke KPKNL. Hal ini disebabkan data Piutang Negara yang diserahkan ke KPKNL Tangerang II menggunakan data terakhir dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Cimone, Tangerang Cikokol, Tangerang Cikupa dan Tangerang Batu Ceper. Perubahan data tersebut baru diketahui setelah Surat Pernyataan Penyerahan Piutang Negara (SP3N) diterbitkan dan telah dilakukan panggilan kepada debitur. Hal tersebut menjadi tanggungjawab bersama antara pihak BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang dan KPKNL Tangerang II agar terdapat kepastian mengenai ada dan besarnya Piutang Negara. Diharapkan terjadi sinergi yang baik antar kedua instansi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Selanjutnya dalam suasana yang santai dan cair acara dilanjutkan dengan pembahasan langkah pengurusan piutang negara pada semester 2 (dua).Rapattersebut menghasilkan kesepakatan bahwa pihak BPJS dan KPKNL Tangerang II akan terus meningkatkan sinergi guna memperlancar proses pengurusan Piutang Negara.

(Team HI/KPKNL Tangerang II)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini